Trik Menghemat Kuota Internet 1 GB untuk 1 Bulan

Jaringan internet cepat 4G memang membawa sejuta manfaat bagi manusia modern di Indonesia. Segala jadi bisa lebih cepat, efisien, mudah, dan menyenangkan. Contohnya unduh atau unggah data lebih cepat, nonton video online bebas buffering, dan sebagainya.

Namun, semua manfaat dan kelebihan tersebut harus dibayar mahal. Kita butuh paket internet dengan kuota ekstra besar untuk mengakomodir kebutuhan online. Paket berkuota besar, tentu memiliki harga yang tinggi pula. Bahkan provider yang terkenal memberikan bonusan seperti XL pun menawarkan paket berkuota besar dengan harga puluhan, hingga ratusan ribu rupiah per bulan.

Jika sudah begini, satu-satunya solusi ialah mencoba trik hemat kuota. Penghematan yang tetap membuat kita nyaman menjelajah dan beraktivitas di dunia maya. Contohnya, kamu hanya punya bujet untuk membeli kuota 1 GB untuk 1 bulan. Bagaimana agar kuota itu cukup dan tidak boros? Banyak cara yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya seperti :

(foto: IntermediaChannel.it)
Gunakan Fitur Chrome Hemat Data untuk Browsing
Di antara sekian banyak mesin pencari, Chrome termasuk salah satu yang ringan digunakan dan membantu menghemat kuota. Jika kamu menggunakan Chrome, coba hemat data dengan mengaktifkan fitur "Data Saver". Fitur yang bisa mengompres data hingga 50 persen dari pemakaian normal. Caranya masuk ke menu Settings > Dat Saver > On.

Bila kurang suka dengan Chrome, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan Opera Mini atau browser lainnya. Pastikan kamu tahu bagaimana cara menghemat data dengan browser yang digunakan. Sekilas tampak sepele, namun tak jarang kuota terkuras habis karena digunakan untuk browsing.

Batasi Penggunaan dan Aktifkan Peringatan
Pembatasan dibutuhkan untuk menghindarkan kamu dari menggunakan kuota secara berlebihan. Pembatasan ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Set Mobile Data Limit. Kamu bisa mengaksesnya dengan masuk menu Settings di smartphone dan pilih Data Usage. Di fitur tersebut, kamu juga bisa mengaktifkan peringatan bila pemakaian kuota melebihi batas yang ditentukan.

Untuk mencoba fitur ini pastikan kuota XL mu sudah terisi. Jika kehabisan pulsa XL, kamu bisa mengisi ulang secara online, misalnya untuk yang baru tahu cara transfer dari situs Traveloka. Gerai online yang melayani pengisian pulsa dan kuota internet.

Non-Aktifkan Sinkronisasi yang Tidak Perlu
Sinkronisasi otomatis adalah salah satu aktivitas berkala di smartphone yang membuat boros kuota. Untuk itu non-aktifkan opsi sinkronisasi untuk aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Caranya kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > lalu pilih akun yang tidak ingin disinkronisasi.

Sebelum menon-aktifkan, ada baiknya kamu tahu aplikasi apa saja yang menyedot kuota internet. Untuk aplikasi-aplikasi tersebut kamu bisa memilih meng-uninstall, menon-aktifkannya, atau membatasi penggunaan data di masing-masin aplikasi.

Manfaatkan WiFi Di Mana Pun Berada
Bila ditelisik, hampir semua lokasi kini menyediakan WiFi gratisan. Mulai dari ruang publik terbuka seperti taman, kafe, resto, perpustakaan, dan masih banyak lagi. Kondisi ini tentu menguntungkan kamu yang memiliki bujet terbatas untuk membeli pulsa dan kuota data.

Kamu bisa mengoptimalkan WiFi di mana pun kamu berada. Jika perlu kamu bisa bertanya password untuk mengakses WiFi. Namun, pastikan aktivitas ini tetap membuatmu merasa aman dan nyaman dari gangguan virus atau bentuk kejahatan online lainnya.

Prioritaskan Aplikasi Hemat Data atau Offline
Saat ini sudah cukup banyak applikasi yang menawarkan fitur offline. Jadi, kamu tetap bisa menikmati berbagai aktivitas di internet, tanpa menguras kuota data. Contohnya YouTube offline mode untuk mendengarkan musik favorit tanpa kuota, Google Maps offline untuk membaca peta bebas kuota, dan sebagainya.

Untuk update aplikasi, kamu bisa melakukan pembatasan dengan setting hanya ketika terhubung ke WiFi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penghematan dengan mengatur waktu pemakaian game atau streaming online. Aktivitas yang sering membuat lupa waktu dan akhirnya mengakibatkan pemborosan.

Dengan 5 trik di atas, kamu bisa melakukan penghematan pada penggunaan kuota bulanan, agar sesuai dengan bujet. Selain cara di atas, kamu bisa mencoba cara lain yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Pada intinya, kita pengguna smartphone di jaringan 4G harus bisa mengontrol penggunaan, agar tetap bisa terkoneksi dan aman secara keuangan.                                                                                                               

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com