5 Penting Yang Harus Dipersiapkan Saat Lebaran

Hari raya idul fitri adalah hari di mana semua umat muslim merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Lebaran sebutan lain untuk perayaan hari raya ini memang perlu mendapat perhatian khususnya masalah dana atau budget yang harus dikeluarkan. Hal ini karena masyarakat Indonesia memiliki banyak kebiasaan unik dan cukup menguras dompet untuk mempersiapkan lebaran. Adapun beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan untuk merayakan lebaran atau hari raya idul fitri, yaitu:

5 Penting Yang Harus Dipersiapkan Saat Lebaran

1. Zakat
Ketahuilah bahwa setiap muslim berkewajiban membayar zakat fitrah saat menjelang Idul Fitri. Setiap orang bahkan anak bayi sekali pun membayar zakat fitrah. Adapun jumlah yang harus dibayarkannya adalah 2,5 kg beras atau dengan uang yang seharga beras tersebut.

2. Biaya mudik
Bagi Anda yang merantau, kebiasaan mudik adalah hal yang akan sangat menyenangkan. Namun terkadang biaya transfortasi melonjak begitu tinggi bahkan hingga 100%. Maka dari itu biaya tersebut harus sangat dipikirkan.

3. Biaya di kampung halaman
Budget untuk di kampung halaman juga harus diperhitungkan. Apalagi jika anda terbiasa membagi-bagikan angpao untuk sanak saudara.

4. Biaya baju lebaran
Memang bukan hal yang wajib mengenakan baju baru saat lebaran. Namun tidak ada salahnya jika Anda memperhitungkan pengeluaran untuk baju baru.

5. Kue atau snack lebaran
Selain baju baru yang menjadi ciri khas dari lebaran adalah kue atau snack lebaran. Biasanya dua minggu sebelum lebaran snack lebaran murah biasanya sudah mulai di jajakan di blanja.com karena sudah ada diskon lebaran. Snack lebaran murah juga bisa menjadi suguhan saat lebaran.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan saat lebaran.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com