Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Idul Fitri 2017

Setelah satu bulan penuh menjalani ibadah puasa ramadhan maka idul fitri menjadi hal yang ditunggu terutama bagi anak-anak. Saat lebaran tiba seluruh umat muslim menyambut dengan gembira karena merupakan hari yang suci sekaligus hari dimana sebagai umat islam kembali suci dan berhasil menjalankan ibadah puasa. 

Idul fitri 2017 akan jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 dan jika dilihat dari tanggal hijriah jatuh pada 1 syawal. Perbedaan antara tahun masehi dengan hijriah menyebabkan idul fitri selalu berputar dan tidak sama setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2000 idul fitri pernah terjadi dua kali yaitu bulan Januari dan Desember mengikut perputaran bulan.


Menjelang idul fitri banyak orang turun ke pasar untuk belanja dan mempersiapkan kebutuhan jelang lebaran. Sebagian ada yang sampai rela berdesak-desakkan demi mendapat barang yang dibutuhkan. Baik di kota maupun yang berlebaran di kampong halaman. Meskipun sedang dalam keadaan bahagia menyambut idul fitri sebagai muslim hendaknya kita tidak melupakan hal-hal penting yang harus dilakukan saat idul fitri.

Mandi untuk pergi ke masjid 
Sebelum pergi ke masjid hendaknya mandi terlebih dahulu. Memakai pakaian yang baik serta member wewangian yang tidak mengganggu orang lain.

Makan sebelum ke masjid
Makan sebelum pergi ke masjid disunahkan sebab ketika itu kita tidak lagi dalam keadaan puasa.
Sholat idul fitri di masjid maupun lapangan

Sholat idul fitri hukumnya sunnah muakkadah yang jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapat dosa. Dan menyelesaikan sholat ied dengan mendengarkan ceramah sebagai bagian dari sholat idul fitri.

Hal-hal penting yang bersifat social ketika idul fitri
Bersilaturahmi 
Bersilaturahmi sesama muslim baik antara anak kepada orang tuanya. Handai taulan dan para tetangga merupakan faedah social yang dapat mengeratkan tali silaturahmi. Mungkin selama ini hubungan kita dengan saudara, orang tua atau masyarakat kurang baik. Jadikan moment lebaran untuk kembali memperbaikinya. 

Memberi sedekah kepada fakir miskin
Meskipun zakat fitrah sudah dikeluarkan ketika ramadhan tidak salah jika kita bersedekah kepada fakir miskin. Karena idul fitri merupakan hari yang bahagia maka tidak salah jika kita berbagi kebahagiaan dengan member mereka makanan, pakaian dll agar dapat menikmati idul fitri bersama-sama.
Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

IBX58B4804316A33