Macam-macam Hewan Kurban yang Bisa Dipilih

Hewan kurban adalah hewan yang digunakan untuk dapat berkurban ketika idul adha. Hal tersebut merupakan perintah Allah dimana juga dikisahkan olah nabi Ismail yang akan dikurbankan oleh ayahnya atas perintah Allah dan ketika akan disembelih diganti oleh hewan yang dikurbankan. Hal tersebut menandakan patuh atas perintah Allah dan juga apabila sekarang ini juga menandakan bahwa masyarakat ikhlas untuk menyisihkan hartanya yang digunakan untuk dijalan Allah. Dimana ada beberapa hewan yang bisa dikurbankan dan memang diperintahkan dalam agama. Beberapa pilihan tersebut adalah sebagai berikut ini:
Hewan Kurban Kambing
Hewan Kurban
1. Kambing dan domba
Merupakan hewan pertama yang bisa dipilih oleh masyarakat yang akan berkurban dengan tentunya memilih dengan ajaran dan prinsip memilih hewan yang akan dikurbankan. Pertama adalah dari hewan yang sudah cukup umur untuk dapat dikurbankan dimana untuk kambing dan domba ini juga seperti itu harus memilih kambing dan domba yang mempunyai umur yang cukup untuk dikurbankan. Selain itu juga harus memilih kambing dan domba yang sehat dan tidak cacat sehingga akan bisa dikonsumsi dan dibagikan untuk masyarakat luas pada umumnya ketika idul adha.

2. Sapi
Merupakan hewan selanjutnya yang bisa dikurbankan dengan ukuran yang lebih besar daripada hewan sebelumnya. Hewan ini mempunyai harga dan juga ukuran yang lebih besar daripada hewan kambing dan domba tentunya. Sapi ini mempunyai harga yang bisa dibeli dipasaran dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah. Sehingga untuk mendapatkannya diperlukan dana yang banyak dan apabila mengurbankan hewan sapi ini bisa didaftarkan atas nama 7 orang sehingga satu hewan cukup untuk menjadi hewan yang dikurbankan atas nama satu keluarga bahkan lebih.

3. Kerbau
Merupakan hewan selanjutnya yang juga mempunyai harga yang mahal seperti sapi. Hewan ini merupakan alternatif untuk dikurbankan selain sapi dimana ada beberapa daerah yang tidak mengorbankan sapi dan telah menjadi sapi seperti pada daerah Kudus yang tidak menyembelih sapi. Sehingga kerbau ini dapat digunakan sebagai pengganti yang seperti aturannya kerbau ini juga bisa dikurbankan untuk 7 orang sama seperti sapi dan cocok untuk dikurbankan atas nama keluarga.

4. Unta
Merupakan hewan terakhir yang bisa dikurbankan apabila idul adha. Hewan ini tidak seperti hewan sebelumnya bahkan bisa untuk diatasnamakan 10 orang sehingga merupakan hewan yang paling banyak nama bisa untuk berkurban. Hewan ini sendiri masih asing digunakan untuk berkurban di Indonesia karena memang jarang ditemukan unta. Dimana sebenarnya hewan ini sering digunakan untuk hewan yang dikurbankan di daerah Arab dan sekitarnya yang ada banyak hewan unta yang ada. Untuk memilih unta yang akan dikurbankan juga bisa dipilih dengan baik yaitu yang sehat dan cukup umur.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com