5 Cara Merawat Rambut Wanita Agar Terhindar dari Ketombe

Pepatah lama berbunyi: mencegah lebih baik ketimbang megobati, maka perawatan rambut wanita agar tidak berketombe lebih baik dilakukan ketimbang menunggu rambut hingga berketombe dan mengobatinya. Sebab mencegah sebenarnya lebih mudah dilakukan ketimbang mengobati, hanya saja mencegah membutuhkan konsistensi. Dan biasanya apa saja yang sudah berhubungan dengan konsistensi pasti sulit untuk dilakukan. 
Cara Merawat Rambut Wanita
Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab. (foto: hidupseimbangku.com)
Ketombe adalah pengelupasan kulit di bagian kepala yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Entah itu paparan sinar matahari yang terlalu kuat, kebersihan rambut kepala yang tidak terjaga, penggunakan produk sampo yang tidak tepat dan masih banyak lagi penyebabnya. Nah sebelum munculnya ketombe, kita bisa mencegahnya agar tidak muncul. 

Cara Mencegah Timbulnya Ketombe
Sebenarnya dengan hanya mencuci rambut kepala secara teratur, kulit – kulit yang mati dan mengelupas di kulit kepala pasti akan menghilang. Bahkan sampoo yang tepat akan menjaga kesehatan kulit kepala dengan cara mengembalikan tingkat keasaman kulit, mencegah minyak dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Nah selain menggunaka produk yang tepat, cara mencegah datangnya ketombe bisa kita lakukan dengan:

1. Berhenti atau kurangi penggunaan produk styling rambut
Tak bisa dipungkiri bahwa banyak perempuan memiliki kebiasaan menggunakan berbagai produk styling rambut dengan menghasilkan tatanan rambut yang apik dan modis. tapi dibalik tampilan yang makin stylis itu, ada efek yang sangat mungkin terjadi. Entah produk stylish yang kita gunakan gel atau bentuk spray, semuanya memiliki kontribusi menambah jumlah produksi minyak berlebih. 

So, jika kamu ingin mencegah datangnya ketombe cara bijak pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meninggalkan atau minimal mengurangi penggunaan produk-produk stylish rambut. Cobalah dan rasakan sendiri manfaatnya. 

2. Keramas secara teratur.
Keramas bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan datangnya ketombe sekaligus juga menghilangkan minyak berlebihan di kulit kepala. Selain itu keramas juga akan membersihkan rambut, mengurangi penumpukan minyak di kulit kepala, menyegarkan folikel rambut, dan mencegah bertumpuknya sel-sel kulit kepala yang mati. Jadi bisadikatakan bila keramas adalah cara paling mudah untuk mencegah datangnya ketombe.

Hanya saja hal yang perlu diperhatikan adalah soal pilihan sampo yang digunakan untuk keramas. Jika sampo yang digunakan tidak tepat, bisa saja malah akan menyebabkan ketombe. Meski demikian ada baiknya jika kamu tidak gonta ganti sampo setiap saat. Intensitas keramas juga ada baiknya tidak terllau sering dan tidak pula terlalu jarang. 

3. Cegah ketombe dengan sampo anti ketombe 
Kamu juga bisa mencegah datangnya ketombe dengan menggunakan sampo yang khusus diformulasikan untuk mencegah datangnya ketombe. Kamu bisa menemukan jenis sampo ini di toko obat atau bisa juga meminta resep dari dokter kecantikan dan merekomendasikan sampo yang tepat. 

4. Imbangi dengan hidup sehat dan olahraga secara teratur.
Bagaimanapun jika kondisi tubuh kamu selalu sehat dan olahraga teratur, akan sulit ketombe datang ke kulit kepala kamu. jadi imbangilah dengan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur. Jangan lupa penuhi kebutuhan air harian kamu.

5. Menggunakan bahan Alami
Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk perawatan rambut dari ketombe adalah dengan menggunakan bahan alami. Sesekali kamu bisa menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan rambut kamu. misalnya menggunakan perasan air jeruk nipis, atau menggunakan lidah buaya dan dioleskan ke kulit kepala. Cara semacam ini sangat efektif untuk mencegah ketombe. 

Itulah beberapa perawatan rambut wanita agar terhindar dari ketombe, semoga bermanfaat. 

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com