Trik Dekorasi Apartemen Kecil Yang Harus Kamu Ketahui

Kamu termasuk salah satu penghuni apartemen yang ada di kotamu? Trend apartemen memang kian menjamur di masyarakat Indonesia, termasuk juga apartemen mungil yang ukurannya tergolong tidak luas dan pas-pasan. Beberapa kelebihan apartemen Depok mungil ini antara lain biaya sewa yang lebih rendah, lokasi yang strategis ke pusat kota dan juga pesona ruang minimalis yang hangat, jika kamu pintar mendekorasinya dengan tepat. Salah satu persepsi salah tentang dekorasi apartemen mungil adalah seluruh fokus harus ditempatkan pada fungsionalitas, bukan pada desain. Padahal dekorasi apartemen mungil tidak harus mengacu pada fungsi ruang, boleh memiliki gaya yang stylish layaknya hunian modern lainnya.

Transisi Ruangan Apartemen yang Tepat
Banyak pemilik apartemen yang memilih konsep ruang terbuka untuk apartemen kecil milik mereka. Hal ini supaya keseluruhan apartemen terasa lebih lapang dan luas. Tetapi, konsep ruang terbuka ini malah sering menghasilkan ruangan yang tidak tertata dengan baik, berantakan dan tidak sedap dipandang mata. Untuk konsep ruang terbuka di apartemen kecil, kamu tetap harus menentukan batas antara satu ruang dengan ruang lainnya. Setiap ruang pasti punya peran spesifik yang penting untuk didefinisikan dengan jelas.

Caranya adalah dengan meletakkan partisi atau sekat ruangan yang hemat ruang, seperti rak buku ataupun pot-pot berukuran sedang hingga besar.  Dengan demikian, apartemen memiliki transisi yang jelas tanpa harus tersekat dengan kaku.

Furnitur Dual Fungsi
Setiap inci apartemen kecil sangat perlu pertimbangan masak. Maksimalkan ruang di apartemen mungilmu dengan cara memilih furniture multifungsi yang bisa berperan ganda. Berkat furnitur modern yang smart, kamu bisa menghemat banyak ruang di apartemen kecil tersebut. Salah satu ruang di apartemen yang bisa mengaplikasikan furnitur peran ganda ini adalah di ruang tidur. Kamu bisa memulai dari tempat tidur yang bisa dilipat menjadi tempat duduk, hingga kabinet minimalis dengan storage tersembunyi sekaligus dekor ruangan yang indah. Ruang makan juga adalah salah satu ruang di apartemen yang ditaruh dengan furnitur dual fungsi, mulai dari meja makan lipat hingga meja gantung untuk acara sarapan keluarga.

Penggunaan Ruang Paling Efektif
Setelah tinggal di apartemen dalam kurun waktu tertentu, maka akan terlihat ruang-ruang yang jarang digunakan dan tidak efektif. Contohnya adalah rak-rak dapur tinggi yang masih kosong, hingga laci-laci yang terbengkalai. Ambil waktu untuk melihat kembali fungsi apartemen secara keseluruhan. Dengan perspektif baru, kamu bisa membaca sudut atau bagian apartemen yang tidak termanfaatkan dengan baik. Gunakan jendela minimalis milik apartemen Depok yang besar sebagai inspirasi daerah kerja yang terang. Beli kabinet kecil untuk ditempatkan di sudut kosong sebagai storage ekstra tanpa harus membuat apartemen terlihat sesak.

Konsep Storage Vertikal
Saat memilih furnitur khusus untuk storage, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan yang berbentuk vertikal alias memanjang ke atas. Sistem storage vertikal adalah solusi hemat ruang terbaik terutama untuk apartemen kecil yang minim ruang. Maksimalkan dinding ruangan dengan langit-langit dengan membangun rak-rak dinding di apartemen. Kamu juga boleh memilih kabinet seperti 2 buah rak panjang yang ditempatkan sebagai partisi untuk kamar tidurmu. Jangan lupa sedikit sentuhan dekorasi ala apartemen yang nyaman, seperti keranjang anyam yang hangat dan menarik.

Pilih Palet Warna Netral Atau Terang
Untuk apartemen kecil yang terlihat lebih leluasa dan lapang, pilih warna netral atau terang yang nyaman. Warna terang seperti putih, krim atau abu muda akan terlihat cerah dan lenggang dibandingkan dengan warna gelap yang membuat visual kelam yang sempit. Jika kamu menyukai aksen warna gelap, pilih salah satu sudut ruangan untuk dicat dengan warna gelap kesukaanmu. Tetapi tambahkan furnitur berwarna muda untuk kontras yang indah.

Bermain Dengan Kontur Furnitur & Desain
Interior apartemen mungil sering terpaku pada garis lurus yang kaku. Oleh karena itu, tambahkan kontur- kontur yang indah melalui aplikasi dari furnitur dan desain tambahan. Kontur seperti lengkung pada furnitur bisa menghilangkan aura monoton dari ruang kecil di apartemen kamu, contohnya meja makan berbentuk bundar atau perangkat sofa dan meja tamu dengan aksen sudut oval. Bentuk- bentuk natural lainnya juga bisa didapatkan dari peletakkan aksesoris rumah seperti cermin di dinding, kursi malas, hingga area bersantai dengan rak buku unik yang tidak kaku bentuknya.

Bereksperimen Dengan Layer Desain
Ingin punya apartemen yang terlihat hangat dan hidup? Fokus pada layer desain untuk kesan tiga dimensi yang apik. Contohnya adalah membuat rak-rak dinding berlapis dengan aksesoris rumah yang berwarna kontras. Pilih juga karpet berbahan tebal untuk menutupi lantai yang terasa kosong dan dinding. Selain itu, tambahkan juga bantal dekorasi kecil dan aksesoris selimut di sofa atau ruang tidur di apartemen. Efek layer ini akan semakin tampak indah jika kamu pintar memilih tekstur, bahan, dan ukuran aksesoris tertentu. Jadi ingat untuk selalu bereksperimen dengan berbagai pilihan yang ada.

Itulah beberapa tips dan cara dekorasi yang bisa kamu terapkan untuk apartemen mungil yang kamu tempati agar tampak lebih luas dan nyaman untuk ditempati. Semoga ulasan diatas bisa dijadikan sebagai referensi yang berguna.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com