7 Menu Makan Bayi MPASI 6 bulan


MPASI 6 bulan merupakan sebagai salah satu kebutuhan bagi bayi. Untuk melengkapi MPASI tentunya juga perlu menu makan yang tepat untuk si bayi, terutama bayi yang usianya masih sekitaran 6 bulan.  Bayi yang usianya sekian tersebut tentunya dalam masa awal pertumbuhan yang sangat pesat sekali, sehingga membutukan asupan makanan yang tepat.

Nah berikut ini beberapa menu yang direkomendasikan untuk diberikan kepada bayi du usia 6 bulan. Ini dia Menu MPASI 6 bulan untuk bayi:

1. Makanan Bayi 6 Bulan Terbuat dari Pure Beras Merah atau Beras Putih
Bahan: beras merah secukupnya, ASI
Cara pembuatan: beras merah atau menggunakan beras putih dimasak menjadi bubur, lalu disaring dan selanjutnya dicampur dengan menggunakan ASI.

2. Makanan Bayi 6 Bulan dari Bubur susu
Bahan: 10 gram tepung beras, Bisa juga menggunakan tepung sagu atau tepung maizena/tepung hunkwe/tepung kacang hijau. Namun dalam pembuatan ini jangan menggunakan tepung terigu, siapkan 20 sdm (200 ml) ASI

Langkah pembuatan: pertama Anda masak tepung dengan menggunakan sedikit air, sesudah matang lalu Anda tuangkan di gelas atau pada mangkuk, baru kemudian sesudah itu Anda tambahkan ASI. Mengenai masalah tepung sebaiknya Anda buat sendiri sangat disarankan.

3. Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Avokad
Bahan: 50 gram avokad yang dikupas, cuci berih, potong-potong, 3 sdm (30 ml) ASI
Langkah pembuatan: pertama Anda blender buah avokad sampai dengan hasil yang lembut tanpa menggunakan air, Berikutnya Anda tuang ke gelas atau mangkuk makan bayi kemudian campur dengan menggunakan ASI, aduk rata. Pure avokad yang sudah siap bisa diberikan.

4. Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Pisang
Bahan: siapkan 50 gram pisang ambon yang di kupas, kemudian potong-potong, siapkan 3 sdm (30 ml) ASI
Langkah pembuatan: pertama Anda blender pisang dan ASI sampai menjadi lembut, selanjutnya Anda tuang ke dalam mangkuk dan kemudian segera berikan kepada bayi.

5. Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Pepaya
Bahan: siapkan sebanyak 50 gram papaya yang dikupas dan cuci bersih lalu  potong-potong, siapkan 3 sdm (30 ml) ASI

Langkah pembuatan: Blender sampai dengan pepayanya lembut, berikutnya Anda tuang makanan bayi usia 6 bulan tersebut dari pure papaya ke dalam mangkuk. Terakhir Anda Tambahkan ASI dan aduk rata. Jika sudah maka selanjutnya Anda bisa memberikan kepada bayi.

6. Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Pir dan Pepaya
Bahan: menggunakan 30 gram pir kuning, cuci bersih, selanjutnya Anda kupas dan ambil daging buahnya, siapkan sebanyak 25 gram papaya matang, kemudian Anda cuci bersih, kupas dan potong-potong, siapkan 3 sdm (30 ml) ASI

Langkah pembuatan: pertama Anda bisa mengukus Pirnya sampai empuk, kemudian Anda blender pir dan papaya sampai halus, Tuang ke dalam mangkuk selanjutnya Anda tambahkan ASI.

7. Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Apel
Bahan: 50 gram apel manis, kemudian Anda cuci bersih, serta selanjutnya kupas dan ambil dagingnya, beri tambahan sebanyak 2 sdm (20 ml) ASI atau jus jeruk manis.

Ilustrasi
Langkah pembuatan: pertama Anda kukus buah apel sampai empuk, selanjutnya di blender sampai menjadi lembut dengan jus jeruk manis atau ASI, jika dalam hal ini bayi belum terbiasa dengan serat apel, maka bunda bisa menyaringnya terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa menu bayi MPASI 6 bulan yang tentunya itu sangat direkomendasikan. Semoga Bermanfaat.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com