Apa Saja Komponen Data Center


Sebuah situs web menyimpan berbagai macam data yang bisa diakses dari seluruh tempat. Data-data tersebut disimpan dalam sebuah data center atau pusat data. Data yang tersimpan ini kemudian dibagikan ke perangkat komputer lain dengan menggunakan bantuan internet. Cara penyimpanan data bisa hanya dalam sebuah komputer atau terdiri atas berbagai perangkat dalam satu ruangan. Jasa penyimpanan data seperti NEX Datacenter membutuhkan sebuah ruangan yang besar karena bertanggung jawab dalam berbagai macam data dalam jumlah yang banyak.

Data Center
5 Komponen Penting untuk Menjalankan Data Center
NEX Datacenter merupakan penyedia layanan data center di Indonesia. Supaya dapat memberikan layanan yang baik, NEX Datacenter menghadirkan komponen-komponen pendukung yang dapat membantu dalam proses penyimpanan data klien. Berikut ini adalah komponen-komponen yang digunakan dalam menyimpan data.

·       Ruang Khusus
Pusat penyimpanan data ditempatkan dalam sebuah ruang khusus yang disebut dengan server. Ruangan ini tidak boleh digunakan untuk kepentingan selain menyimpan data. Adanya ruang khusus ini bertujuan menjaga keamanan dan kebersihan dari perangkat yang ada. Selain itu, berbagai perangkat elektronik yang dihubungkan dengan listrik juga menjadi salah satu alasan mengapa penyimpanan data perlu ada ruang khusus.

·       Rak Data dan Keamanan Server
Penyimpanan data bisa dilakukan pada sebuah komputer atau dalam sebuah ruangan. Data center seperti NEX Datacenter membutuhkan banyak server untuk menyimpan data. Di dalam ruangan tersebut terdapat beberapa rak yang digunakan sebagai tempat server. Tempat server inilah yang menjadi tempat menyimpan data yang nantinya akan dibagikan di perangkat komputer lain melalui internet. Penyimpanan di ruang server bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpan utama atau sebagai backup. Selama penyimpanan, aspek keamanan server juga diperhatikan dengan baik. Keamanan server berfungsi untuk menjaga komponen-komponen yang ada di dalamnya dengan meminimalisasi risiko kerusakan dari server pusat. Apabila keamanan server dapat terjaga, data yang tersimpan juga tetap terjaga dan tidak rusak.

·       Sumber Energi
Dalam menjalankan sebuah server, energi yang dibutuhkan sangat besar. Energi yang digunakan berupa listrik dari energi tidak terbarukan atau energi terbarukan. Server merupakan ruangan yang di dalamnya terdapat berbagai macam perangkat elektronik yang membutuhkan energi untuk menghidupkannya. Kebutuhan energi ini juga dibutuhkan untuk mengirimkan data ke perangkat lain. Sumber energi yang dimiliki tidak hanya berasal dari satu sumber. Umumnya dalam proses penyimpanan terdapat beberapa sumber energi yang bisa digunakan baik sebagai sumber utama atau sebagai backup.

·       Koneksi Jaringan Internet
Proses penyimpanan dapat berjalan apabila terdapat jaringan internet di dalam server. Jaringan internet yang dibutuhkan harus memiliki koneksi yang stabil, cukup, dan lancar. Penggunaan internet juga diperlukan ketika akan mengirimkan data ke perangkat lain yang mana jaringan internet sangat dibutuhkan. Jaringan internet dengan koneksi yang baik akan memudahkan orang lain melihat data yang disimpan dalam server tersebut. Kemudahan ini bisa berupa kelancaran saat membuka web dan hal lain.

·       Pendingin
Menjalankan berbagai perangkat elektronik dalam data center akan menghasilkan energi buangan berupa panas. Meskipun normal, suhu yang meningkat dapat merusak perangkat yang ada dan membuat kinerjanya menurun. Untuk mencegah kejadian ini, dalam setiap ruangan selalu diberi sebuah pendingin. Pendingin berfungsi untuk menjaga suhu tetap stabil dan tetap terkontrol selama 24 jam.

Komponen-komponen yang ada dalam data center dapat membantu sebuah web berjalan dengan lancar. Pengguna lain juga bisa mendapatkan data apabila komponen tersebut dapat berfungsi dengan normal.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com