Jam Tangan Mewah Untuk Investasi, Ini Kiat Jitu Yang Perlu Diketahui


Jam tangan mewah tengah menjadi salah satu barang investasi bagi kalangan menengah hingga atas. Salah satu figur yang mengoleksi jam tangan mewah adalah Raditya Dika. Komedian serta penulis terkenal tersebut merupakan salah satu orang yang berinvestasi jam tangan mewah. Namun sayangnya, dengan dasar ingin hidup minimalis, Raditya Dika menjual semua koleksi jam tangannya dan menyisakan satu buah jam tangan mewahnya.

Trend investasi jam tangan mewah telah mulai dikenal luas dari tahun 2014 silam. Trend tersebut hingga sekarang terus mengalami peningkatan seiring dengan permintaan barang mewah yang terus meningkat. Ada sebagian orang yang memang murni mengoleksi jam tangan mewah untuk menjadi investasi, ada pula murni sebagai koleksi. 

Jika memang seseorang murni mengoleksi jam tangan untuk bahan investasi, baiknya seseorang mempunyai ilmunya sehingga investasi tidak balik merugikan. Investasi jam tangan mewah tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan dihindari dalam proses investasi.
Jam Tangan Mewah Untuk Investasi
Seperti halnya emas, jam tangan mewah dapat meningkat harganya. Beberapa merek jam tangan mewah seperti Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet, hingga Cartier dapat mencapai harga miliaran rupiah untuk satu buah jamnya. Namun tentu tidak sembarang jam tangan yang nilainya dapat terus meningkat. Ada beberapa spesifikasi yang harus dimiliki oleh jam tangan sehingga harganya dapat meningkat. 

Cari Jam Tangan Merk Favorit Mayoritas Orang
Sama halnya dengan berjualan, berinvestasi juga harus melihat preferensi masyarakat. Salah satu usaha untuk mengetahui preferensi masyarakat adalah dengan cara mencari tahu merk jam tangan mewah favorit. Namun yang harus diingat adalah seseorang harus memperhatikan pula kurun waktu dari masa favorit jam tersebut. Usahakan merk jam tangan mewah yang dipilih adalah merk favorit sepanjang waktu. Contohnya adalah jam tangan Rolex. Merk tersebut telah terkenal dari jaman dahulu sebagai merk jam tangan mewah yang banyak menjadi incaran pemburu jam tangan.

Perhatikan Spesifikasi Jam Tangan
Detil jam tangan juga harus diperhatikan. Spesifikasi yang unik dari jam tangan tentu akan meningkatkan harga jual jam tangan kelak. Misalnya saja, pilih jam tangan yang mempunya dial unik seperti seperti model “Patrizzi” Rolex Daytona. Spesifikasi khusus lain yang bisa diperhatikan adalah material dari strap jam tangan. Strap yang berbahan kulit dan logam biasanya meninggalkan kesan yang lebih mewah serta disenangi banyak orang daripada yang berbahan dasar karet dan nylon.

Jika Anda membeli di salah satu outlet jam tangan, Anda boleh saja meminta kasir menunjukkan detail spesifikasi jam tangan tersebut. Beberapa jam tangan bahkan memiliki barcode khusus di salah satu part-nya yang hanya bisa dibaca jika di-scan menggunakan DPM barcode scanner untuk menampilkan data spesifikasi yang lebih lengkap.

Disarankan untuk Memilih Jam Tangan Mekanik
Untuk tujuan investasi, seseorang disarankan untuk memilih jam tangan mekanik dibanding jam tangan quartz. Hal ini disebabkan karena jam tangan mekanik lebih diminati daripada jam tangan quartz. Walupun ada sebagian jam tangan quartz yang memiliki harga tinggi, namun hal tersbut adalah kasus khusus dan kemungkinan tidak akan bertahan lama.

Hindari Jam Tangan Limited Edition
Jangan berpaku pada embel-embel limited edition. Jam tangan limited edition hanya mendatangkan trend sesaat dan cenderung akan memudar dalam kurun waktu yang lebih panjang. Trend yang sesaat tersebut akan menyebabkan lonjakan harga yang juga tidak berlangsung lama. Saat sudah tidak menjadi trend lagi, jam limited edition akan kehilangan harganya. Itulah alasan untuk menghindari jam tangan limited edition sebagai barang investasi.

Jam tangan mewah memang barang investasi yang menjanjikan, ditambah lagi dengan harganya yang dapat meningkat terus menerus. Namun tanpa siasat yang tepat, justru investasi jam tangan mewah akan membuat pelakunya kehilangan banyak modal. Dan perlu dicatat juga, jika Anda berencana membeli secara online, pastikan hanya membeli dari online store jam tangan terpercaya yang hanya jual jam tangan original dan bergaransi resmi, supaya lebih terjamin.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com