Banyaknya Manfaat yang Didapat Ketika Bekerja di Sebuah Coworking Space



Di era modern, perkembangan dunia kerja semakin luas, hampir tak terbatas. Sekarang, apa saja bisa menjadi peluang bisnis atau pun pekerjaan. Hingga semakin ke sini, kerap terdengar istilah coworking space. Atau mungkin, Anda sendiri malah sudah berpengalaman dengan coworking space ini. Terlebih jika Anda adalah seorang pendiri start-up atau pun pekerja individu yang butuh lokasi kerja kondusif. Namun, apa sebenarnya coworking space ini dan apa saja manfaatnya?

Seperti namanya, coworking space berarti ruang kerja bersama. Namun, meskipun digunakan bersama-sama, cara kerjanya tidak seperti ketika Anda bekerja kantoran yang kaku dan di bawah nama sebuah perusahaan tertentu. Coworking space ini lebih kepada tempat untuk orang-orang, baik itu individu maupun organisasi untuk melakukan pekerjaan mereka.

Cara mudah membayangkannya adalah bayangkan sebuah tempat seperti kantor di mana yang bekerja di sana bukan dari perusahaan yang sama. Pekerjaan mereka pun berbeda-beda. Bisa jadi ada seorang penulis, programmer, dan atau para pekerja di bidang lain. Di tempat tersebut tidak ada bos atau karyawan, karena masing-masing bekerja untuk dirinya atau perusahaannya sendiri.

Dalam perkembangannya, coworking space ini juga semakin dibuat senyaman mungkin. Desain tempat kerja dibuat dengan lebih santai, dan kadang dilengkapi dapur, tempat pertemuan untuk event, kantin, bar, dan lain-lain.

Anda bisa mengambil contoh dari GoWork, sebuah coworking space yang memiliki desain santai, bertema melenial, elegan, tetapi nyaman untuk dipakai bekerja. Tersedia berbagai ruang kerja yang bisa disewa, mulai dari meja untuk bekerja sendiri, kantor private, ruang pertemuan, dan lain sebagainya. Lokasinya ada di beberapa tempat, di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

 Coworking Space
Manfaat yang Didapat dengan Bekerja di Coworking Space
Sebagian orang mungkin masih mempertanyakan, apa sebenarnya manfaat dengan bekerja di coworking space dan bukannya bekerja di rumah sendiri atau menyewa kantor. Manfaat tersebut antara lain;

1. Mudah mendapat relasi
Di sebuah coworking space, yang bekerja bukan Anda semata atau hanya perusahaan rintisan milik Anda, tetapi juga dengan orang lain dari perusahaan dan pekerjaan berbeda. Semakin banyak bertemu dengan para pekerja lain, kesempatan Anda untuk membangun relasi juga semakin tinggi.

Bahkan, Anda bisa memulai melakukan branding pada produk Anda berkat adanya orang-orang di tempat coworking space tersebut. Selain itu, banyak juga perusahaan lain yang sering mengadakan event atau acara yang mungkin bisa Anda datangi. Ilmu mereka jelas sangat bermanfaat, dan kemungkinan dapat diterapkan pada pekerjaan Anda.

Contoh mudahnya, misalnya Anda seorang programmer. Anda membuat aplikasi tertentu, tetapi aplikasi tersebut sulit dipasarkan karena Anda tidak tahu caranya. Di coworking space, Anda bertemu dengan seorang blogger yang berpengalaman dalam pemasaran secara online. Bukan tidak mungkin jika blogger tersebut mau membantu Anda dan membagi ilmunya, atau malah dia sendiri yang mengulas produk Anda di blognya. Sangat bermanfaat, bukan?

2. Lingkungan kerja yang kondusif
Coworking space adalah tempat kerja yang memang digunakan untuk bekerja. Inilah mengapa lingkungan di sana pun sangat kondusif untuk bekerja. Fasilitas yang ditawarkan sebuah coworking space juga bukan sekadar meja dan kursinya, tetapi bahkan fasilitas pendukung yang lengkap seperti wi-fi yang lancar, kantin, taman, bahkan permainan yang membuat Anda tidak merasa suntuk.

Selain dari beberapa manfaat yang dijabarkan di atas, coworking space juga sangat membantu dalam penghematan biaya untuk para start-up. Daripada menyewa ruko yang mahal, perusahaan rintisan akan membayar lebih murah dengan menyewa tempat di coworking space. Jadi, tidak ada salahnya mencoba berpindah tempat kerja mulai dari sekarang.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com