Tips Aman Menggunakan Financial Services Modern Berupa Pinjaman Online


Pinjaman online menjadi salah satu layanan keuangan yang tidak jarang digunakan oleh masyarakat modern seperti sekarang. Sebagai financial services yang menggunakan teknologi, tentu pinjaman dengan memakai sistem online lebih cepat didapat, apalagi tidak membutuhkan waktu lama.

Anda juga tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan pinjaman tersebut, sehingga bisa lebih mengefesiensikan waktu untuk hal yang lain. Adanya kemudahan itu membuat financial services ini semakin dilirik masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia. Tapi, adanya berita-berita mengenai kasus penagihan oleh penagih utang terhadap nasabahnya, Anda harus berhati-hati dalam memilih jasa platform layanan keuangan ini.

Tips Aman Menggunakan Financial Services Modern Berupa Pinjaman Online
Ada beberapa hal yang harus ketahui terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

1. Gunakan aplikasi resminya
Ada banyak sekali penyedia platform pinjaman online yang hadir di Indonesia. Tidak heran kalau aplikasi yang disediakan pun juga sudah semakin banyak, sehingga Anda pasti akan bingung mana yang harus dipilih. Sebelum itu, pastikan Anda jangan asal memilihnya karena banyak aplikasi bodong yang beredar tanpa Anda sadari.

Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah aplikasi financial services tersebut sudah masuk ke daftar OJK atau belum. Kalau belum, lebih baik Anda jangan menggunakannya. Jika memang sudah masuk, berarti aplikasi tersebut aman digunakan. Adanya kepastian aplikasi pinjaman online masuk ke dalam daftar OJK, berarti mereka sudah mengikuti standar resmi peraturan Indonesia dalam membuka layanan pinjaman.

Hal tersebut berlaku dalam hal bagaimana cara menagih utang yang tepat, suku bunga tidak boleh melebihi 30 persen, dan sebagainya. Jadi, pastikan terlebih dahulu aplikasinya resmi atau tidak, ya.

2. Pilih yang bunganya rendah
Bunga menjadi patokan untuk Anda yang tidak ingin merugi saat meminjam uang secara online. Setiap penyedia platform layanan keuangan ini pastinya memiliki standar suku bunga yang berbeda-beda, tergantung ketentuan perusahaannya. Ada yang diberikan suku bunga besar ada pula yang kecil.
Karena itulah, Anda yang ingin membayar cicilannya tidak terlalu mahal, ada baiknya pilih aplikasi pinjaman online yang menyediakan bunga yang rendah. Dengan begitu, Anda tidak akan membayar banyak jumlah cicilan yang diberlakukan setiap bulannya. Tentu akan semakin hemat, bukan?

3. Jangan lupa catat jatuh tempo
Jatuh tempo merupakan hal yang harus Anda waspadai dalam melakukan financial services pinjaman online. Jatuh tempo merupakan tanggal di mana Anda harus tepat waktu membayar uang yang Anda pinjam. Kalau telat, maka Anda akan dikenakan biaya denda tambahan yang terkadang tidak sedikit.

Karena itu, pastikan Anda mencatat kapan waktu pencairan dananya agar tidak lupa kapan jatuh temponya. Biasanya ada beberapa aplikasi pinjaman online yang menawarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikannya. Tapi tetap saja, jatuh tempo yang diberikan harus Anda ingat agar terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti ditagih terus menerus setiap harinya.

4. Ingatlah jumlah pinjamannya
Dalam menggunakan financial services ini, Anda harus mengingat berapa jumlah pinjaman yang Anda gunakan, karena hal ini sangat penting. Kalau Anda harus mencicil setiap bulannya, pastikan Anda sudah mengetahui berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Dengan begitu, Anda bisa semakin mudah menyisihkan uang gajian untuk mengembalikannya.

Kalau Anda tidak ingat berapa jumlah pinjamannya, langsung saja cek aplikasi layanan finansial ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman transfernya.

Sebenarnya banyak aplikasi financial services yang marak di Indonesia, termasuk multiintisarana.com. Ada beberapa produk finansial yang tidak jarang digunakan oleh perusahaan, institusi, komunitas, atau pribadi dengan sistemnya yang aman dan tidak mengecewakan. Tentu saja Anda akan mendapatkan banyak keuntungan tersendiri ketika menggunakannya.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com