Bagaimana Ciri-ciri Startup Yang Tidak Akan Didanai Oleh Venture Capital


Venture capital merupakan salah satu perusahaan pendanaan startup. Dan kehadirannya memang tidak akan pernah bisa dilepaskan dari perusahaan startup karena memiliki peran yang cukup penting. Selain itu, ini merupakan salah satu cara yang biasa dipilih oleh perusahaan startup untuk mengembangkan bisnisnya. Jika anda penasaran dengan apa itu venture capital, maka anda bisa menyimak ulasan dibawah ini. 

Pengertian venture capital
Bagi anda yang masih asing dengan perusahaan venture capital, maka anda perlu menyimak ulasan kali ini. Nah, venture capital sendiri adalah sebuah perusahaan yang akan mendanai perusahaan startup guna untuk proses pengembangan. Dana yang digelontorkan oleh perusahaan venture capital tersebut tidak berasal langsung dari venture capital melainkan berasal dari para investor yang melakukan investasi.

Sedangkan orang yang para pelaku yang melakukan venture capital ini dikenal dengan sebutan venture capitalist. Seperti yang telah diulas sebelumnya, dana yang diperoleh oleh venture capital tersebut sebenarnya berasal dari limited partners atau LP. LP ini sendiri biasanya merupakan seorang orang kaya, pemilik saham, pemilik perusahaan keluarga dan berbagai macam golongan. 

Venture Capital
Secara singkat sebenarnya, perusahaan venture capital ini sendiri adalah perusahaan yang bertugas sebagai penyalur dana dari LP yang disalurkan kepada para pemilik perusahaan startup.. Tetapi venture capital juga tetap mendapatkan keuntungan yang berasal dari management fee dan carried interest.

Ciri-ciri startup yang tidak mendapatkan pendanaan
Untuk mendapatkan pendanaan dari perusahaan venture capital ini memang tidaklah mudah karena ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Jika anda ingin mempersiapkan diri agar mendapatkan pendanaan dari venture capital, berikut ini beberapa ciri-ciri startup yang tidak akan mendapatkan pendanaan. 

1. Tidak mendapatkan kesempatan bertemu dengan investor
Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa banyak perusahaan startup yang tidak mendapatkan pendanaan dari venture capital seperti yang paling sering terjadi adalah tidak memiliki kesempatan untuk bertemu dengan investor dan reputasi team yang tidak bagus di mata masyarakat. 

Jika perusahaan yang anda miliki belum mempunyai jaringan yang kuat dengan investor maka ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk bertemu dengan para investor untuk mendapat nilai tambahan di mata masyarakat. 

2. Memiliki target pasar yang kecil
Ada banyak pertimbangan yang dilakukan oleh perusahaan venture capital ketika akan memberikan pendanaan. Salah satu pertimbangannya adalah mereka tidak akan pernah memilih perusahaan startup yang memiliki market yang terlalu kecil. Jika perusahaan anda baru memiliki target pemasaran yang cukup kecil, jangan harapkan untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital. 

3. Tidak ada followup dari hasil pertemuan
Ciri-ciri berikutnya yang dimiliki oleh perusahaan startup yang tidak akan pernah dipilih oleh venture capital adalah tidak adanya follow-up dari hasil pertemuan. Biasanya hal ini akan terjadi jika investor sama sekali tidak tertarik dengan perusahaan startup yang anda miliki. Itulah mengapa pentingnya untuk memilih perusahaan venture capital yang sesuai dengan visi yang dimiliki oleh startup anda. 

4. Memiliki banyak masalah
Karakter berikutnya yang tidak akan pernah dipilih oleh venture capital adalah sebuah perusahaan startup memiliki banyak masalah. Hal ini tidak lain biasanya karena rendahnya managemen sehingga banyak masala yang menghampiri. Jika kondisi perusahaan anda sepeti ini maka venture capital tidak akan tertarik untuk kerja sama. 

Mendapatkan pendanaan dari perusahaan venture capital tentu menjadi keinginan bagi banyak perusahaan startup tapi kenyataannya untuk mendapatkan pendanaan tersebut tidaklah mudah. Jika anda tertarik convergencevs.com bisa menjadi VC pilihan terbaik.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © ridhatillah.com. Designed by OddThemes Sponsored by www.ulamaku.com