6 Penyebab Flu, Penting Untuk Anda ketahui - ridhatillah.com -->

Friday, 24 May 2019

6 Penyebab Flu, Penting Untuk Anda ketahui

6 Penyebab Flu, Penting Untuk Anda ketahui


Flu merupakan penyakit yang sangat membuat tidak nyaman, serasa sangat membuat kita risih dengan yang satu ini. Biasanya penyakit ini juga sangat menjengkelkan bagi kita, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai flu ini tentunya kita harus mengetahui tentang penyebab flu tersebut.

Berikut ini beberapa penyebab flu yang penting untuk Anda ketahui:

1. Terlalu cemas
Tahukah Anda jikalau Anda terlalu cemas ternyata jyga busa mendatangkan penyakit flu ini. Contohnya saja kekhawatiran kita terhadap virus babi, virus yang satu ini belum terbukti lebih mengancam jika dibandingkan dengan flu musiman yang biasa. Memang Kebanyakan orang yang pernah terserang flu babi, kalau sembuh biasanya akan sepenuhnya pulih. Penelitian tersebut tentunya menunjukkan bahwa kecemasan dapat saja mewujudkan apa yang kita cemaskan itu sendiri. Jadi, Anda tidak perlu cemas karena kecemasan tersebut hanya akan melemahkan sistem kekebalan tubuh kita.

2. Merokok
Buat Anda yang perokok, ternyata merokok ini bisa menyebabkan flu. Merokok ini bisa melemahkan fungsi bulu-bulu yang halus berada di dalam hidung untuk menyaring udara ke paru-paru, sehingga dengan adanya bulu halus tersebut kuman akan terperangkap dan masuk ke paru-paru. Jika kondisi bulu halus tersebut melemah maka akan mengakibatkan tubuh Anda lebih rentan terhadap adanya serangan penyakit. 

3. Olahraga terlalu sering
Sobat olah raga memang bagus untuk kebugaran tubuh, akan tetapi jika kita melakukan kebiasaan berolahraga dalam jumlah yang berlebihan hal tersebut justru akan lebih melemahkan sistem kebalan tubuh kita. 

4. Minum minuman beralkohol
Bagi Anda yang suka minum-minuman keras atau minuman yang beralkohol sebaiknya Anda hindari. Karena efek samping dari minum alkohol yang terlalu banyak ialah alkohol bisa dengan cepat dan mudah dapat mengakibatkan dehidrasi yang bisa mengganggu kemampuan hidung serta tenggorokan untuk menyaring kuman dan mengusir mereka dalam bentuk lendir. 

5. Terlalu mengandalkan antibakteri pada gel pencuci tangan
Bagi Anda yang terbiasa memakai gel untuk mencuci tangan, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu mengenai bahan yang terkandung berada di dalamnya. Biasanya Gel antibacterial yang baik yaitu memiliki kandungan 60 sampai 95 persen alkohol, etanol, atau isopropanol. Tidak dipungkiri bahwa gel untuk pencuci tangan memang bisa dikatakan sangat efektif membunuh kuman kalau tidak tersedia wastafel di dekat Anda, akan tetapi dalam hal ini Anda jangan lupa untuk tetap mencuci tangan seperti biasanya yaitu dengan menggunakan air bersih. Sampai dengan saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau gel pencuci tangan mampu untuk membunuh virus. Tentu saja mencuci tangan dengan sabun dan air memang tetaplah cara yang terbaik untuk membasuh kuman.

6. Tidak mencuci tangan dengan benar
Perlu Anda ketahui juga bahwa, ternyata banyak orang tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Mencuci tangan kurang lebih sebanyak sepuluh kali sehari merupakan sebagai salah satu cara yang dianjurkan dalam mencegah datangnya virus dari penyebab flu. Akan tetapi juga masih banyak orang yang tidak segera mencuci tangannya setelah batuk dan bersin. Dalam hal ini banyak juga ditemukan bahwa orang yang mencuci tangannya kurang lebih dari 15 detik, padahal dalam hal ini para ahli menganjurkan bahwa untuk mencuci tangan ini setidaknya dilakukan sekitar 20 detik atau lebih. Anda bisa menggosok seluruh permukaan tangan mulai dari jari dan pastikan bahwa tangan tersebut benar-benar kering setelahnya. Matikan keran dan lampu kamar mandi, kemudian membuka pintu dengan tissue hal ini berguna untuk menjaga tangan tetap bersih.

Nah itulah 6 penyebab flu yang sangat penting bagi Anda, supaya dengan mengetahuinya tersebut Anda bisa mengantisipasi datangnya flu tersebut. Semoga bermanfaat.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved