Kenapa Bayi Jangan Pakai Baju Baru? - ridhatillah.com -->

Thursday, 22 August 2019

Kenapa Bayi Jangan Pakai Baju Baru?

Kenapa Bayi Jangan Pakai Baju Baru?


Salah satu bentuk persiapan menjelang kelahiran adalah menyiapkan pakaian untuk sang calon bayi.  Biasanya ibu baru akan senang saat berbelanja baju bayi dan bersemangat sekali menyiapkan segala kebutuhan untuk calon bayinya. Tapi bunda,  jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu pakaian pakaian untuk si kecil gunakan nanti.  Tentunya membersihkannya harus dengan deterjen untuk baju bayi.  Kenapa baju baru untuk bayi harus dicuci dulu? Berikut alasannya :

1. Banyak kuman menempel
Baju adalah hasil industri atau konveksi dengan partai besar,  dihasilkan dari pabrik.  Tentunya baju itu akan melewati beberapa tahapan proses produksi.  Dan selama melalui tahapan proses produksi itu tidak dapat dipungkiri jika baju akan terkena berbagai kotoran dan debu.  Maka dari itu perlu sekali baju baru untuk bayi itu dicuci terlebih dahulu sebelum nanti dipakai oleh bayi anda. 

2. Supaya bayi tidak gatal gatal
Efek yang paling cepat terjadi saat bayi gunakan baju baru yang  belum dicuci adalah gatal gatal.  Biasanya akan muncul merah merah pada kulit bayi.  Gatal gatal ini tentunya dikarenakan kuman dan kotoran atau debu yang menempel pada baju baru bersentuhan dengan keringat anak maka itu akan menimbulkan gatal pada kulit anak. 

3. Meminimalisir risiko alergi
Saat baru saja lahir bayi masih memiliki kulit sensitif dan kondisi tubuh yang sensitif juga.  Jika bayi bersentuhan dengan sesuatu ya kotor bisa jadi bayi terkena alergi.  Apalagi jika memang memiliki turunan alergi yang kuat dari gen orang tuanya.  Dengan begitu hindari penggunaan pakaian langsung dari pabrik atau paling tidak cuci terlebih dahulu untuk meminimalisir risiko alergi pada bayi. 

5. Bau kain dan pewarna
Baju yang baru biasanya memiliki bau khas dari kain,  pewarna atau bahkan dari packagingnya.  Jika wanginya menyengat itu dapat mengganggu indera penciuman pada bayi.  Maka cuci dahulu dan gunakan pelembut pakaian dengan wangi yang lembut untuk bayi. 

Itulah alasan kenapa bayi tidak boleh langsung dipakaikan baju baru,  akan tetapi bajunya harus dicuci terlebih dahulu.  Adapun merek deterjen untuk balita yang bagus adalah dari sleek baby. 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved