Usia Tua Sering Alami Gangguan Pendengaran - ridhatillah.com -->

Tuesday, 10 September 2019

Usia Tua Sering Alami Gangguan Pendengaran

Usia Tua Sering Alami Gangguan Pendengaran


Pendengaran akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, biasanya orang akan mengalami masalah pendengaran pada kedua telinganya. Permasalahan pendengaran biasanya muncul pada awal masa dewasa dan terus berlanjut sampai masa usia lanjut. Berikut penyebab dan ciri ciri gangguan pendengaran karena bertambahnya usia.

Penyebab gangguan pendengaran karena bertambahnya usia
Seiring dengan bertambahnya usia, wajar jika seseorang mengalami gangguan pendengaran. Hal ini disebabkan karena adanya degenerasi organ pendengaran. Penurunan fungsi pendengaran karena usia biasanya disebut presbyacusis. Gangguan pendengaran ini dapat disebabkan oleh sel-sel kecil di dalam telinga yang berfungsi untuk mendeteksi gelombang suara kehilangan kemampuannya. Hal ini dapat diperparah karena kerusakan pembuluh darah yang terjadi pada penderita tekanan darah tinggi.

Presbyacusis tidak hanya terjadi pada usia lanjut, tetapi juga usia muda hingga dewasa juga dapat mengalaminya. Remaja yang terbiasa mendengarkan musik dengan suara keras akan mulai kehilangan mendengar dengan baik pada usia 30 tahunan. Selain itu, presbyacusis juga dapat terjadi karena faktor genetik, infeksi pada telinga bagian tengah, penggunaan obat tertentu dalam jangkauan waktu lama, dan osteoporosis.

Ciri gangguan pendengaran karena bertambahnya usia
Beberapa ciri orang yang mengalami gangguan pendengaran akibat bertambahnya usia antara lain tidak dapat mendeteksi suara pembicaraan terutama konsonan yang bernada lebih tinggi, sering merespon suara bernada tinggi dengan tidak nyaman, serta sulit mendengarkan pembicaraan ketika berada di lingkungan yang bising.

Penurunan fungsi pendengaran biasanya akan berhenti pada usia 70 tahun. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah pendengaran karena usia adalah segera memeriksakan ke dokter jika mengalami perubahan atau penurunan fungsi pendengaran. Jika Anda tidak dapat mendengarkan suara dengan baik, dokter akan menyarankan membeli alat bantu di toko alat bantu dengar. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan kondisi setelah menggunaan lilin telinga, yang mungkin dapat memperparah masalah gangguan pendengaran. Anda juga perlu melindungi telinga dengan menghindari suara keras dan menggunakan earphone dengan hati-hati.

Fungsi pendengaran akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Anda perlu mengetahui ciri-ciri gangguan pendengaran dengan baik, sehingga dapat mencegah masalah pendengaran yang semakin parah.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved