Tips Alami untuk Mengatasi Diare - ridhatillah.com -->

Wednesday, 23 October 2019

Tips Alami untuk Mengatasi Diare

Tips Alami untuk Mengatasi Diare


Diare sering kali merupakan cara tubuh Anda menghadapi gangguan dalam sistem pencernaan Anda. Diare akut berlangsung kurang dari 2 minggu dan dapat berasal dari berbagai sumber, seperti infeksi virus infeksi bakteri, keracunan makanan, penggunaan antibiotik atau air yang terkontaminasi dengan bakteri. Tapi tenang saja, karena ada obat diare alami untuk dewasa yang bisa Anda coba. 

Cara Alami untuk Mengatasi Diare

Berikut ini adalah cara-cara alami untuk mengatasi diare pada orang dewasa di antaranya adalah :

1. Minum oralit
Hidrasi sangat penting ketika Anda mengalami diare. Dehidrasi akibat diare dapat berakibat fatal pada anak kecil dan orang dewasa. Minum oralit direkomendasikan untuk orang dewasa yang mengalami diare. Sejumlah kecil larutan oralit harus sering diminum karena oralit  terbukti bisa mengatasi gejala diare.

Alkohol, susu, soda, dan minuman berkarbonasi atau berkafein lainnya tidak boleh diminum untuk proses hidrasi, karena dapat memperburuk gejala diare Anda.

2. Mengkonsumsi kaldu ayam
Mulailah dengan hanya mengkonsumsi, seperti kaldu ayam karena kaldu ayam atau sup ayam ini adalah pilihan makanan yang sangat baik. Kaldu ayam memasok tubuh Anda dengan air dan juga elektrolit dari garam. 

Wortel juga sumber pektin lain yang menenangkan. Masaklah beberapa wortel sampai lunak, lalu masukkan ke dalam sup kaldu ayam. Anda juga bisa menghaluskan wortel  atau membuat jus dan minumlah satu gelas setiap harinya.

3. Konsumsi pisang, nasi, jus apel, dan roti bakar
Obat diare yang bisa Anda coba adalah pisang, nasi, jus apel, dan roti bakar. Pisang, nasi, jus apel, dan roti bakar mengandung pektin, sejenis serat larut yang menyerap cairan berlebih di usus Anda dan memperlambat jalannya tinja. 

4. Perbanyak minum cairan
Penting untuk terus mengganti persediaan air dan elektrolit tubuh Anda, yang meliputi natrium, kalium, dan klorida. Campurkan minuman elektrolit yang sempurna dengan mengaduk setengah sendok teh garam dan empat sendok teh gula ke dalam satu liter air. Tambahkan sedikit jus jeruk, jus lemon atau garam pengganti kalium. 

Buah lemon juga terbukti baik sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka. Anda yang memiliki luka bakar bisa mengkonsumsi lemon sebagai metode penyembuhan Anda.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved