Efektifkah Membeli Mobil di Jual Beli mobil bekas? - ridhatillah.com -->

Sunday, 19 April 2020

Efektifkah Membeli Mobil di Jual Beli mobil bekas?

Efektifkah Membeli Mobil di Jual Beli mobil bekas?


Membeli mobil di dealer resmi ataupun showroom jual beli mobil bekas memang sama – sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, bagi anda yang memiliki budget minim, sebaiknya memilih membeli mobil bekas. Jangan salah, meski bekas ternyata masih banyak keuntungan yang bisa kamu raih dengan membeli mobil second lo. Akan tetapi perhatikan tips penting berikut, agar anda bisa membeli mobil bekas secara efektif,

1. Sesuaikan budget
Jika Anda ingin membeli mobil bekas dengan cara pembayaran kredit, maka ada baiknya uang yang hendak dikeluarkan tidak lebih dari 20 persen dari gaji Anda tiap bulan. Karena, membeli mobil bekas pastinya akan kembali mengeluarkan biaya tambahan, seperti untuk perawatan, atau perlu ada pergantian komponen. Ditambah lagi, harus membeli bahan bakar atau asuransi tambahan.

2. Buat list mobil yang diincar
Agar anda tidak bingung ketika sudah sampai di showroom, maka sebaiknya anda memikirkan dahulu dan membuatkan daftar jenis, merk dan tipe apa yang hendak kamu beli. Keuntungan lainnya, jika satu jenis tersebut tidak tersedia maka kamu masih mempunyai daftar prioritas kedua agar lebih efektif ketika membeli.

3. Cek harga
Sebagai pembeli yang bijak, sebaiknya anda rajin untuk mengecek harga di situs jual beli baik online ataupn dari tempat ke tempat, anda juga bisa mencari informasi tersebut dari saudara atau teman anda. Hal ini, menghindari penipuan yang bisa saja terjadi karena anda tidak mengetahui harga jual di pasaran. Cek harga berdasarkan merk, tipe, tahun keluaran dan juga hal – hal lain yang mempengaruhi harga mobil.

4.  Cari mobil dengan lokasi terdekat
Karena mobil second, maka jelas mobil yang dicari sudah digunakan sang pemilik ke berbagai daerah. Untuk mencari mobil, Anda juga perlu memfilter target mobil mulai dari jarak tempuh yang sudah dilalui, harga, fitur dan jaraknya apakah mobil tersebut dekat dengan bengkel atau dealer. Akan tetapi, karena kemudahan teknologi, membeli mobil bekas tentu saja bisa juga dilakukan lewat situs jual beli secara online di Garasi.id supaya lebih menghemat waktu.

5. Cek riwayat kendaraan
Apabila membeli mobil bekas, sebaiknya membeli dari teman dekat atau anggota keluarga. Fungsinya adalah riwayat kendaraan akan mudah diketahui tanpa ditutup - tutupi. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan riwayat kendaraan tersebut dari pihak asuransi atau kepolisian. Karena, mobil juga bisa dilakukan pengecekan riwatnya dari NIK (Nomor Identitas kendaraan) atau dari pelat nomor kepolisian.

7.   Lakukan Test drive
Jika sudah menemukan mobil yang diinginkan, cobalah meminta untuk melakukan test drive. Hal ini cara paling pas untuk menilai apakah mobil tersebut masih layak dan kondisinya memang benar baik. Anda harus merasakan secara seksama saat mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bagian bangku penumpang, di posisi mengemudi, cek kondisi jok, bagaimana visibilitasnya saat di belakang kemudi, apakah ada bau-bau tidak enak, apakah ada bunyi yang mencuit, cek kondisi mesin, kondisi AC, dan juga komponen lain yang menurut anda penting..

8.  Lakukan penawaran
Tips paling final, yaitu melakukan penawaran apabila anda memang merasa mobil tersebut sudah tepat. Ada baiknya melakukan penawaran sesuai harga atau kesepakatan yang sudah dibuat. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari karena merasa menghabiskan dana cukup banyak. Tentunya saat melakukan penawaran berikan harga yang paling rendah sampai terjadi kesepakatan. 

Lakukan dengan benar, kesemua tips diatas agar anda bisa membeli mobil di jual beli mobil bekas secara efektif.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved