Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membayar Pajak? Dan Cara mengeceknya - ridhatillah.com ;

Saturday, 9 October 2021

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membayar Pajak? Dan Cara mengeceknya

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membayar Pajak? Dan Cara mengeceknya

Saat Anda memiliki kendaraan pribadi pastinya wajib bagi Anda untuk membayar pajaknya setiap tahun. pembayaran pajak ini dilakukan pada tanggal pembelian kendaraan tersebut. Pembayaran pajak ini tidak boleh sampai telat ya karena jika jika telat sudah pasti Anda akan terkena denda.

Denda untuk keterlambatan pembayaran pajak ini harus Anda bayar di hari berikutnya. Untuk kendaraan bermotor, denda telat bayar pajak motor akan mulai di hitung dari hari pertama. Tapi untuk besar denda yang harus Anda bayarkan akan berbeda jika Anda telat membayarnya selama 2 hari atau bahkan selama bertahun-tahun. Denda yang harus Anda bayar ketika telat membayar pajak ini cukup besar, jadi sebaiknya bayaralah pajak kendaraan Anda tepat waktu ya.


Supaya Anda tidak ketinggalan mengenai kapan waktu pembayaran pajak Anda, Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya yaitu:

Melalui situs e-samsat

Ini dia cara yang bisa Anda ikuti jika Anda menggunakan e-Samsat:

  1. Buka situs resmi E-Samsat
  2. Masukan nomor polisi pada kolom yang sudah disediakan
  3. Masukan juga nomor NIK

Jika semua informasi yang dibutuhkan sudah dimasukan maka Anda akan bisa langsung melihat data-data yang sudah terdaftar sebelumnya.

Melalui SMS

Jika posisi Anda tidak memiliki jaringan internet untuk membuka situs e-samsat secara online Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan layanan SMS. Setiap daerah ini memiliki nomor dan juga format yang beda untuk mengecek informasi mengenai pajak. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk mencari info melalui SMS cari tahu dulu bagaimana format pajak yang benar ya.

Cara Membayar Pajak Motor 5 Tahun

Membayar pajak untuk motor ini dilakukan setiap satu tahun sekali dan juga 5 tahun sekali, untuk tahapan pembayaran pajak motor tiap tahun, langkah yang harus Anda lakukan tidak terlalu banyak, hal ini pastinya akan jauh berbeda jika Anda pergi untuk membayar pajak 5 tahun waktu yang Anda butuhkan cukup lama dan memakan waktu berjam-jam. Ini dia beberapa cara yang akan Anda lakukan:

Cek fisik

Langkah yang paling pertama adalah melakukan pengecekan fisik kendaraan. Saat mengganti pajak 5 tahun Anda harus membawa motor Anda ke lokasi untuk di cek fisiknya. Pada tahapan yang satu ini proses pengecekan akan di bantu oleh petugas yang ada disana. Setelah di lakukakn pengecekan selanjutnya Anda akan mendapatkan dokumen yang isinya hasil pengcekan kendaraan Anda. 

Penyerahan dan legalisasi formulir untuk memperpanjang STNK

Langkay yang selanjutnya adalah dengan menyerahkann formulir untuk melakukan perpanjangan STNK, selain itu jangan lupa juga untuk menyerahkan hasil dari cek fisik tadi. Nantinya petugas disana akan memeriksa semua kelengkapan dokumen dan akan mengenbalikan BPKB Anda. Nantinya semua berkas tersebut akan melalui tahap legalisasi oleh petugas. Pada tahapan ini Anda hanya perlu menunggu nama Anda di panggil oleh petugas untuk membayar pajak. Jika sudah nanti Anda akan menerima nomor Antrian untuk melakukan pembayaran pajak. Lalu Anda hanya tinggal membayar sesuai dengan nominal yang harus Anda bayarkan. 

Penerimaan STNK

Setelah Anda membayar pajak langkah selanjutnya adalah Anda harus menanti proses pembuatan STNK yang baru, tahapan ini tidak membutuhkan waktu yang lama Anda bisa menunggunya dalam beberapa menit saja. 

Pengambilan plat nomor baru

Untuk tahapan yang satu ini dibutuhkan waktu yang cukup lama jadi Anda hanya cukup menunggu sampai plat nomor yang baru selesai di buat.


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved