Bacaan Doa Qunut, Hukum, dan Keutamaannya - ridhatillah.com ;

Wednesday, 12 January 2022

Bacaan Doa Qunut, Hukum, dan Keutamaannya

Bacaan Doa Qunut, Hukum, dan Keutamaannya

Sebagai umat muslim Anda bisa membaca doa qunut ketika melaksanakan sholat subuh baik sendiri atau berjamaah. Doa yang satu ini dapat And abaca ketika sedang itidal. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas lebih jauh mengenai bacaan doa qunut.


Hukum Saat Membaca Doa Qunut 

Hukum dalam membaca doa qunut ini hukumnya Sunnah, hal ini sesuai dengan hadist yang di riwayatkan oleh Anas Ibn Malik RA yang berbunyi “Rasulullah  SAW senantiasa membaca qunut ketika Shalat Subuh sehingga beliau wafat.” Jadi bagi Anda yang tidak baca doa qunut ini saat sholat subuh Anda tidak akan mendapat dosa.

Doa Qunut Saat Sholat Subuh

Ada beberapa penjelasan mengenai doa qunut yang bisa dibaca saat subuh, seperti yang ada di halaman NU online mengenai penjelasan dari doa qunut dari para ulama Hanafiyah dan Hanabilah. Ulama dari Hanafiyah melakukan bacaan qunut ini setelah melakukan ruku, pendapat tersebut juga sesuai dengan pendapat dari ulama Malikiyah dan Syafi'i. Menutut para ulama Hanabilah doa qunut ini bisa dibaca sesudah membaca witir.

Keutamaan Dalam Membaca Doa Qunut 

Walaupun hukumnya Sunnah, tidak ada salahnya doa qunut ini Anda baca saat sholat subuh. Membaca doa ini juga bisa memberikan Anda beberapa keutamaan diantaranya:

• memberikan Anda keselamatan

• mendatangkan banyak berkah dan berbagai petunjuk

• membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit

Doa Qunut 

Ini dia  bacaan doa qunut yang bisa Anda baca:

"Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya”.

Bagi seorang imam saat sholat subuh di masjid, beliau di anjurkan untuk membaca doa qunut ini secara keras dan lantang. Tujuannya supaya nanti para makmumnya bisa mendengar dan mengaminkan bacaan yang di baca oleh imam. Walaupun hukum membaca doa ini tidak wajib cobalah untuk membacanya.

Membaca doa qunut saat shola subuh juga bisa menambah pahala Anda dalam ibadah. Pahala yang banyak bisa membuat Anda jadi salah satu penghuni surga. Lakukan semua ibadah yang di anjurkan oleh Allah SWT dan jauhi segala larangannya. Itu dia berbagai informasi mengenai doa qunut yang dapat kami sampaikan.


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved