Berikut Ini Ciri - Ciri Negara Berkembang - ridhatillah.com ;

Tuesday, 11 January 2022

Berikut Ini Ciri - Ciri Negara Berkembang

 Berikut Ini Ciri - Ciri Negara Berkembang

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah negara berkembang? Negara berkembang merupakan suatu negara yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah, yang ditandai dengan tingkat yang ditandai dengan penguasaan pengetahuan dan teknologi yang rendah pula. 


Selain itu, istilah negara berkembang juga biasa digunakan untuk mengelompokan perekomian dan kesejahteraan negara yang masih rendah. 

Bicara tentang negara berkembang, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang ciri ciri negara berkembang sebagai berikut ini:

1. Tingkat Pendapatan Perkapita Rendah

Seperti yang diketahui bahwa negara berkembang memiliki pendapatan per kapita yang tergolong rendah. Hampir separuh negara di dunia tergolong ke dalam negara berkembang.

Pendapatan per kapita sendiri merupakan nilai rata-rata dari pendapatan penduduk di suat negara. Nah, cara untuk mengetahui pendapatan perkapita adalah dengan membagi pendapatan nasional dengan jumlah penduduk negara. 

2. Tingginya Angka Kelahiran

Negara berkembang biasanya memiliki jumlah penduduk yang banyak karena angka kelahirannya cukup tinggi. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi di negara berkembang salah satu penyebabnya adalah kurangnya sosialisasi keluarga berencana. 

Selain itu, tingginya angka kelahiran juga diakibatkan oleh pernikahan dini, rendahnya tingkat pendidikan, dan lain-lain. 

3. Tingkat Korupsi Tinggi

Tingkat korupsi yang tinggi bisa menjadi salah satu ciri negara berkembang. Meskipun korupsi juga banyak dilakukan di negara-negara maju namun tidak sebanyak negara berkembang. 

Tingkat korupsi yang tinggi tentunya akan memberikan dampak buruk pada perekonomian suatu negara. 

4. Lebih Besar Impor Daripada Ekspor

Besarnya jumlah impor dibanding ekspor menjadi salah satu ciri negara berkembang. Negara yang mengalami keterbatasan teknologi dan keahlian sehingga membutuhkan barang-barang yang diimpor dari negara lain demi memenuhi kebutuhan di dalam negeri. 

Dengan semakin banyaknya impor, tentunya negara harus mengeluarkan banyak uang sehingga bisa berimbas pada kesejahteraan masyarakatnya. 

5. Masyarakatnya Kurang Disiplin

Ciri negara berkembang lainnya adalah masyarakatnya kurang disiplin. Di negara berkembang, hidup disiplin belum menjadi kebiasaan masyarakat sehingga masih banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran dalam kehidupan sehari-hari. 

Agar masyarakat menjadi lebih disiplin dibutuhkan peran pemerintah terutama contoh yang baik dari para pemimpin dan tegas dalam menegakkan aturan. 

6. Jumlah Pengangguran Tinggi

Negara yang berkembang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi akibat lapangan pekerjaan yang semakin sulit ditambah dengan banyaknya angka kelahiran. Selain itu, tingkat pendidikan yang rendah juga bisa menjadi penyebab tingginya jumlah pengangguran di suatu negara berkembang. 

7. Mengandalkan Sektor Primer

Negara berkembang biasanya mengandalkan sektor primer. Sektor primer adalah hasil olahan sumber daya alam. Mayoritas masyarakat negara berkembang mempunyai mata pencaharian dengan memanfaatkan hasil alam, seperti pertanian, mencari ikan, dan lain sebagainya. 

8. Tingkat Pendidikan Rendah

Rendahnya tingkat pendidikan seringkali sebanding dengan laju pertumbuhan masyarakat. Sehingga tidak aneh kalau dua faktor tersebut dapat mempengaruhi pendapatan perkapita sebuah negara. 

Bukan hanya itu, rendahnya perekonomian suatu negara berkembang juga bisa menyebabkan kurangnya fasilitas pendidikan yang memadai. Kondisi ini tentunya akan menjadikan tingkat pendidikan masyarakat menjadi rendah dan sudah bersaing dengan negara-negara lainnya. 

9. Penguasaan IPTEK Rendah

Akibatnya rendahnya tingkat pendidikan tentunya akan berimbas pada penguasan IPTEK di negara tersebut. Penguasaan teknologi yang minim membuat masyarakat tidak dapat berinovasi seperti negara maju.

10. Tidak Memiliki Modal Yang Memadai

Ciri negara berkembang yang terakhir dari negara berkembang adalah tidak memiliki modal yang cukup. Sehingga tidak heran kalau negara-negara berkembang menjadi incaran para investor asing untuk menanamkan modal. 

Hadirnya investor memang bisa membantu pertumbuhan ekonomi di sebuah negara berkembang.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved