Keutamaan Surat Al Waqiah Berikut Doa Setelah Membacanya - ridhatillah.com

Saturday 29 January 2022

Keutamaan Surat Al Waqiah Berikut Doa Setelah Membacanya

Keutamaan Surat Al Waqiah Berikut Doa Setelah Membacanya

Sebagai umat muslim, sebelum kita memulai aktivitas, kita dianjurka untuk memanjatkan doa terlebih dahulu, agar kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT, dimudahkan segala urusannya dan selamat. Allah SWT akan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan, sebagaimana tertuang dalam hadist riwayat Al Hakim dari Ali bin Abi Thalib berikut ini :

Artinya :

“Doa itu senjata dan kekuatan orang beriman.”

Diantara banyaknya doa yang bisa kita panjatkan di pagi hari yang sangat baik, satu diantaranya adalah bacaan surat al waqiah. Membaca surah Al Waqiah serta menjadikannya sebagai doa dan wirid, maka kita akan memperoleh kemudahan dan kesenangan. Dan jika kita membacanya setiap hari, niscaya rejeki datang dari Allah SWT dengan cara menjemputnya adalah dengan memohon melalui ibadah. Karenanya teruslah membaca surat Al Waqiah, karena amalan ini dapat menjadi jalan untuk memperlancar rejeki.


Dari penjelasan para ulama mufassirin, Abdullah bin Mas’ud, sahabat ahli tafsir membuka sebuah rahasia, bahwa Ia telah mengajarkan satu amalan yang pernah diajarkan Rasulullah kepadanya. “Apakah Amirul Mukminin takut putra-putraku miskin? Mereka sudah kusuruh membaca surat Al Waqiah setiap malam,” Abdullah bin Mas;ud mengatakannya ketika sakit menjelang wafat.

Kemudian, Ia menyampaikan sabda Rasulullah yang pernah didengarnya, yaitu membaca surat Al Waqiah di malam hari insyallah dijauhkan dari kemiskinan. Khalifah Utsman bin Affan bermaksud memberi harta kepada Abdullah bin Mas’ud untuk putra-putranya, namun ditolak. Karena Ia tidak khawatir menderita kemiskinan. Ia kemudian menyampaikan sabda Rasulullah yang pernah didengarnya, yang artinya :

“Baranmgsiapa membaca surat Waqiah setiap malam, dia tidak akan pernah menderita kemiskinan.”(HR. Abu Syuja). Surat Al Waqiah merupakan surat ke 56 dalam Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mendatangkan rejeki yang berlimpah
  • Memperoleh kekayaan
  • Dijauhkan dari kemiskinan
  • Dipermudah tercabutnya roh ketika sakaratul maut.
  • Ditunaikan hajatnya yang berhubungan dengan rejeki
  • Dijadikan hartawan dan dermawan
  • Diringankan sakitnya

Surat Al-Waqiah termasuk ke dalam surah Al Waqiah yang terdiri dari 96 ayat, yang terletak pada juz ke-27. Surat ini dinamakan Al Waqiah karena diambil dari lafal Al Waqiah yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang memiliki arti kiamat. Setelah kita membaca surat Al Waqiah, kita dianjurkan untuk membaca doa, sebagaiman yang tertuang dalam kitab Khalashah Nabawiy dari Al Habib Umar bin Hafidz. Berikut adalah bacaan doanya :

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: 

"Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi. Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."

Itulah  keutamaan bacaan surat Al Waqiah yang sangat luar biasa berikut doa setelah membaca surat Al Waqiah, semoga kita senantiasa diberikan rahmat dan hidayah-Nya, semoga bermanfaat, Aamiin.


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved