Resep Terkini Minyak Mie Ayam Terenak. Dijamin Bikin Gurih! - ridhatillah.com

Sunday 30 January 2022

Resep Terkini Minyak Mie Ayam Terenak. Dijamin Bikin Gurih!

Resep Terkini Minyak Mie Ayam Terenak. Dijamin Bikin Gurih!

Berbagai makanan khas Indonesia biasanya disajikan dengan cara yang cukup unik untuk menciptakan sensasi rasa yang berbeda. Begitu juga dengan jajanan khas yang sudah pasti dikenal banyak orang yakni Mie ayam. 

Tahukah kamu jika minyak mie ayam merupakan salah satu rahasia dari gurihnya khas mie ayam yang akan kita nikmati nantinya. Jenis-jenis minyak mie ayam yang disajikan tentunya berbeda tergantung dengan cara membuat mie ayam. Mari simak lebih dalam pada pembahasan dibawah ini!


Kenapa Mie Ayam Harus Pakai Kuah Minyak?

Mie ayam merupakan salah satu makanan yang dibuat dengan kombinasi mie dan kuah minyak yang khas dengan taburan siwiran daging ayam didalamnya. Mie ayam ini juga dikombinasikan dengan berbagai sayuran yang sudah dipotongi. 

Mie ayam ini juga memiliki keistimewaan yang terletak pada kuah minyaknya. Biasanya mie ayam ini disajikan dengan penyajian dua wadah yang berbeda antara mie ayam dengan kuah minyaknya. 

Ternyata minyak yang digunakan untuk campuran mie ayam ini mengandung bawang yang mampu memberikan rasa gurih ketika diseduh dari campuran bumbu yang sudah dracik sebelumnya sehingga mampu memberikan berbagai rasa yang unik kepada mie ayam yang kita makan. 

Mie ayam yang diberi minyak juga bertujuan untuk mempermudah kita pada saat mengkonsumsi mie ayam atau saat menyeruput mie ayam ini. Karena seperti yang kita ketahui, me ayam biasanya disajikan dengan kuah yang sedikit oleh karena itu, minyak mie ayam ini berperan sangat penting karena jika tidak ada minyaknya maka tekstur dari mie ayam ini akan gampang lengket dan menyatu yang membuat kita sulit untuk memakannya. 

Kandungan Mie Ayam 

Mie ayam ini merupakan salah satu alternatif yang bisa dimakan ketika rasa lapar melanda karena dengan mengkonsumi mie ayam yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dalam kandungan mienya membuat perut terasa kenyang selama beberapa jam. 

Tips memilih Sayuran Dan Ayam 

  • Pilihlah jenis sayuran yang masih segar dan berwarna hijau. Jangan pilih sayuran dengan kondisi yang sudah busuk dan tidak berwarna lagi karena akan merusak tekstur dari mie ayam dan minyak mie ayam yang akan dibuat. 
  • Pilihlah daging ayam yang masih segar dan berwarna merah muda. Perhatikanlah untuk tidak memilih daging ayam dengan tekstur yang sudah berbintik.

Bahan-bahan Pembuatan Mie Ayam (kombinasi bawang putih)

  • 500 ml minyak sayur
  • 400 gram kulit dan lemak ayam 
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 cm kunyit 
  • 5 cm jahe 

Cara pembuatan Minyak Mie Ayam Bawang Putih 

1. Kupas bawang putih, kunyit, dan jahe

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengupas bawang putih, kunyit, dan jahe sampai bersih. Lalu potong dan geprek agar mudah untuk diolah. 

2. Tumis seluruh bumbu dengan minyak 

Selanjutnya, tumislah seluruh bumbu dengan sedikit minyak sampai mengeluarkan aroma harum. Seetlah itu, masukkanlah kulit dan lemak ayam kedalam tumisan bahan-bahan sebelumnya. 

3. Masukkan sisa minyak sayur 

Setelah lemak larut didalam tumisan bahan sebelumnya, maka masukkanlah sisa minyak sayur yang sudah dibuat sebelumnya. Keluarkanlah bawang putih agar minyak tidak terasa pahit nantinya.

4. Masak dengan api kecil 

Masaklah bahan-bahan yang sudah dicampur sebelumnya dengan api yang kecil sampai seluruh lemak menjadi larut sampai kulit ayam benar-benar menjadi kering dan minyak bertambah menjadi dua kali lipat.

5. Dinginkan minyak dan saringlah 

Setelah dirasa minyak sudah matang dan tercampur rata dengan semua bumbu, maka selanjutnya dinginkanlah minyak tersebut lalu saringlah dengan saringan kecil dansimpanlah didalam wadah penyimpanan yang kedap udara. 


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved