Beberapa Doa Berpergian Dalam Islam Yang Bisa Dibaca Setiap Kali Hendak Berpergian - ridhatillah.com

Sunday 1 May 2022

Beberapa Doa Berpergian Dalam Islam Yang Bisa Dibaca Setiap Kali Hendak Berpergian

Beberapa Doa Berpergian Dalam Islam Yang Bisa Dibaca Setiap Kali Hendak Berpergian

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tentunya membuat manusia tidak luput dari interaksi antar sesame manusia. Interaksi yang dilakukan pun bermacam – macam, salah satunya seperti menjaga silaturahmi dengan kerabat jauh. Biasanya hal seperti ini di Indonesia dikenal dengan istilah mudik, yakni melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk menjaga tali silaturhami dengan keluarga di kampung halaman.

Sehingga hampir setiap tahun di Indonesia banyak keluarga yang berpergian dan melakukan perjalanan untuk mengunjungi keluarganya di kampung halaman. Dalam Islam berpergian dengan tujuan seperti itu disebut juga dengan Safar atau melakukan perjalanan ke luar rumah untuk menuju ke suatu tempat tertentu. Namun perjalanan bisa disebut safar jika perjalanan tersebut memiliki jarak lebih dari 85 km dari kediaman anda.


Tentunya saat melakukan perjalanan ini ada beberapa ketentuan dan pengecualian yang bisa dilakukan dalam Islam. Beberapa contohnya yaitu saat sedang melakukan perjalanan jarak jauh maka anda diperbolehkan tidak berpuasa. Selain itu saat sedang melakukan perjalanan jarak jauh anda juag diperbolehkan untuk melakukan jama qashar pada sholat wajib anda dan beberapa pengecualian lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, dalam Islam juga diajarkan untuk selalu berdoa setiap kali melakukan kegiatan termasuk berpergian. Didalam Islam tentunya juga sudah ada doa berpergian yang bisa dibacakan setiap kali anda hendak melakukan perjalanan. Berikut beberapa doa yang bisa anda bacakan setiap kali anda berpergian atau melakukan perjalanan ke suatu tempat.

1. Doa keluar rumah 

Dari Anas bin Malik, Rasulullah Saw bersabda: ”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa: 

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula walaa quwwata illaa billah”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, yang tidak ada daya tidak ada kekuatan kecuali atas izin Allah”

2. Doa berpergian

Setelah membaca doa keluar rumah diatas maka anda bisa melanjutkannya dengan membaca doa berpergian berikut ini :

“Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadza wathwi ‘annaa bu’dhahu, allahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fii-ahl”. 

Artinya: “Ya Allah mudahkanlah kami saat bepergian ini, dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan engkau pula yang melindungi keluarga.”

3. Doa naik kendaraan

Biasanya saat melakukan perjalanan anda seringkali menggunakan kendaraan untuk mempermudah perjalanan anda, saat naik kendaaraan anda bisa membaca doa berikut ini :

“Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.”

Artinya: “Ya Allah, mudahkan lah kami dalam bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

4. Doa saat tiba di tujuan

Saat anda sudah tiba di tujuan anda jangan lupa juga untuk menutupnya dengan doa sebagai tanda terimakasih anda kepada Allah SWT yang telah melindungi dan memberi keselamatan pada anda selama di perjalanan. Berikut doa yang bisa anda bacakan :

“Subhaanalladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqrininiin. Wa innaa ilaa Robbinaa lamun-qolibuun.” 

Artinya: “Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Itulah beberapa doa yang bisa anda bacakan saat anda melakukan perjalanan atau berpergian keluar rumah. Semoga dengan doa tersebut maka Allah SWT akan selalu melindungi kita dimanapun kita berada.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved