Kumpulan Doa untuk Menenangkan Hati Saat Gelisah - ridhatillah.com

Sunday 1 May 2022

Kumpulan Doa untuk Menenangkan Hati Saat Gelisah

Kumpulan Doa untuk Menenangkan Hati Saat Gelisah

Apa hati Anda sedang merasa gelisah, gundah, dan galau? Semua itu memang sebuah hal yang wajar dirasakan oleh manusia. Hal ini bisa dibabkan oleh makanan atau suatu hal yang mengejutkan. Hal teesebut memicu hormone adrenalin yang ada di dalam tubuh lalu membuat hati menjadi tidak tenang. 

Kadar emosi yang ada di tubuh manusia bisa di pengaruhi oleh kadar oksitosin, dopamin, progesteron, dan serotonin. Hormone- hormone yang sudah disebutkan tadi adalah penyebab dari rasa galau di dalam hati. Jika hal tersebut sudah terjadi lalu bagaimana cara untuk menanganinya?

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat diri Anda terhindar dari perasan hati yang tidak tenang, salah satu caranya ini adalah dengan berdoa kepada Allah SWT dan mohon pertongan dengan membaca doa agar hati tenang. Ini dia beberapa doa yang bisa Anda baca:


• Doa Agar Hati Tenang

Supaya membuat hati  Anda tenang Anda bisa mencoba membaca doa supaya terhindar dari segala rasa cemas yang ada, ini dia doa yang bisa Anda baca:

“Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.”

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat.”

• Doa yang bisa Membuat Hati Tenang (QS. Al Baqarah)

Doa selanjutnya yang bisa Anda baca serta bisa membuat hati Anda jadi lebih tenan di ambil dari surat yang ada di Al Quran yaitu QS. Al Baqarah ayat 250. Doa yang satu ini pernah dipanjatkan oleh salah satu tentara talut saat beliau hendak melawan tentara jalut yang terlihat lebih kuat dan juga perkasa. Doanya adalah:

“Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

• Doa yang bisa Membuat Hati Tenang (QS. Thaha)

Selain doa yang sudah di sebutkan di atas, Anda juga bisa membaca doa yang pernah di amalkan oleh Nabi Musa AS saat dirinya melawan Fir'aun, doanya adalah:

“Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.”

Artinya: “Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.”

• Doa yang bisa Membuat Hati Tenang (Hadis Imam Thabrani)

Hadist dari Nabi Muhammad SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah mengatakan “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu”. Lalu ini dia doa yang bisa Anda baca:

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Itu dia beberapa doa yang bisa Anda baca supaya hati Anda menjadi tenang, berdoalah dengan sungguh-sungguh dan mohon kepada Allah SWT supaya selalu diberkan ketenangan dalam menjalani kehidupan di dunia. 


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved