Nama - nama Malaikat dan Tugasnya - ridhatillah.com

Monday 27 June 2022

Nama - nama Malaikat dan Tugasnya

Nama - nama Malaikat dan Tugasnya


Nama-nama Malaikat dan tugasnya dapat dikenalkan kepada anak sejak  dini. Iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang kedua.Menurut ajaran  Islam, jumlah malaikat sangat banyak, dan hanya Allah SWT yang mengetahui. Setiap nama dan misi malaikat memiliki tugasnya masing-masing.

Dan nama malaikat adalah nama yang terkait dengan tugasnya, seperti dikutip dari NU Online. Sebagai seorang Muslim wajib meyakini adanya malaikat, maka penting bagi manusia untuk mengetahui tentang makhluk yang diciptakan Allah dari nur (cahaya) ini. Namun, orang biasa tidak dapat melihat malaikat, hanya para nabi dan rasul yang dapat melihat makhluk istimewa ini.

Nama dan Kewajiban Malaikat

Berikut ini adalah kewajiban para malaikat yang harus diketahui nama mereka:

1. Malaikat Jibril
Tugas Malaikat Jibril adalah menyampaikan kebenaran wahyu Allah  kepada para nabi dan rasul. Malakat Jibril juga bertanggung jawab untuk mengatur angin, memenuhi atau menahan keinginan manusia, dan membawa rahmat bagi mereka yang menjaga kesucian pada saat kematian.

2. Malaikat Mikail
Tugas Malaikat Mikail adalah mengatur distribusi makanan kepada makhluk Tuhan, seperti  hujan dan memberi kehidupan pada tumbuhan.

3. Malaikat Israfil
Pekerjaan Malaikat Israfil adalah meniup terompet pada saat hari Kiamat.

4. Malaikat Izrail
Tugas Malaikat Izrail adalah mengambil nyawa manusia saat kematian datang.

5. Malaikat Munkar
Tugae Malaikat Munkar adalah untuk mempertanyakan orang-orang di alam barzah (alam kubur).

6. Malaikat Nakir
Tugas Malaikat Nakir sama dengan tugas Malaikat Munkar, yaitu bertanya kepada semua orang di alam barzah.

Malaikat Munkar dan Nakir di makam akan menanyakan tentang Tuhan, agama, nabi, kitab suci, kiblat dalam ibadah, saudara, pedoman hidup, cara hidup dan perilaku sehari-hari dengan bahasa yang digunakan oleh para penghuni kubur yang hidup di dunia.

7. Malaikat Raqib
Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat perbuatan baik setiap orang.

8. Malaikat Atid
Tugas Malaikat Atid adalah mencatat semua kesalahan manusia.

9. Malaikat Malik
Tugas Malaikat Malik adalah menjaga gerbang neraka. Dia tangguh dan tidak memiliki belas kasihan untuk para tahanan neraka.

10. Malaikat Ridwan
Tugas malaikat Ridwan adalah menjaga dan melindungi pintu-pintu surga. Malaikat Ridwan juga bertanggung jawab untuk menyambut semua hamba Tuhan yang akan masuk ke sana. Sikapnya sangat lembut dan sangat ramah ketika mengundang orang ke  surga.

Fungsi Iman kepada Malaikat

Setelah mengetahui nama-nama malaikat dan tugasnya, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, Anda juga harus mengetahui manfaat dan fungsi malaikat. Tuhan Yang Maha Esa, dan menjauhi larangan.
  • Selalu membantu, peduli, optimis, antusias, dan tidak gentar.
  • Selalu lakukan yang terbaik untuk meningkatkan ketakwaan.
  • Selalu bersyukur atas semua yang dia terima.
  • Selalu berhati-hati dalam perkataan dan tindakan.
  • Untuk mengetahui keagungan Tuhan, Yang menciptakan makhluk mulia seperti Malaikat.
  • Selalu bekerja sama untuk berbuat baik.
  • Ada perasaan menyukai para malaikat karena ibadah yang mereka lakukan.

Inilah beberapa nama-nama malaikat yang bisa Anda ketahui dan imani. Dengan mengetahui nama malaikat dan tugas para malaikat maka Anda akan semakin yakin dengan adanya negeri akhirat. Setiap perbuatan Anda akan ada yang mencatatnya baik itu perbuatan salah ataupun yang baik. Malaikat akan selalu ada bersama kita dimanapun kita berada. Maka dari itulah keberadaan para malaikat ini sangat wajib kita imani sebagai salah satu utusan dari Allah untuk menjaga kita sebagai manusia.
 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved