Resep Masakan Khas Sunda yang Mudah - ridhatillah.com -->

Monday, 9 November 2020

Resep Masakan Khas Sunda yang Mudah

Resep Masakan Khas Sunda yang Mudah


Kuliner Indonesia memang banyak sekali. Setiap suku dan daerah punya kuliner mereka masing-masing. Bahkan setiap daerah bumbu yang digunakan tidak sama. Meskipun pada dasarnya menggunakan rempah-rempah di hampir setiap kuliner Indonesia. Masakan Sunda misalnya yang juga menggunakan rempah-rempah namun tidak sebanyak masakan khas Padang. Masakan sunda cenderung menggunakan rempah yang simple saja. Namun variasi masakannya banyak juga. Jadi anda bisa membuat sendiri di rumah masakan khas Sunda. Berikut resep makanan daerah Sunda yang sangat mudah untuk anda ikuti.


1. Sayur Asem
Masakan khas sunda yang satu ini ternyata sudah meluas hingga provinsi lainnya. Tidak heran karena rasanya yang menyegarkan. Sayur asem ini sendiri berisi bergam sayuran yang menyehatkan. Jadi anda perlu menyiapkan kol, terong, labu siang, daun soh, kacang tanah, dan asam jawa. Selanjutnya untu membuat bumbunya anda membutuhkan bawang merah 4 siung, bawang putih 2 siung, cabe merah 2 buah, dan garam.

Anda terlebih dahulu haluskan semua bumbunya kemudian anda masukkan dalam panci yang berisi air. Setelah itu masukkan asam jawanya. Setelah itu masukkan labu siam dahulu agar empuk cepat. Kemudian tak berselang lama masukkan semua sayurannya termasuk kacang tanahnya. Perlu diingat kacang tanahnya tidak usah digoreng. Tambahkan gula dan royco seckupnya. Jangan lupa dicicip rasanya.

2. Pepes Ikan Mas
Masakan khas Sunda yang satu ini juga hampir sama dengan pepes ikan di daerah lainnya. Namun di sunda pepes ikan selalu menggunakan ikan mas. Ikan mas mudah didapatkan karena banyak yang menjualnya di pasar. Siapkan 4 ekor ikan emas, dan saun pisang. Kemudian untuk bumbunya, anda siapkan bawang merah, cabe merah, bawang putih, kunyit, sereh, dan kemiri. Kemudian untuk tambahan irisan di dalam daunnya siapkan lengkuas 1 buah dan tomat 4 buah.

Anda blender semua bumbu yang ada di atas. Kemudian masukkan pada ikan masnya. Jangan lupa ikan masnya dibersihkan sisiknya dahulu. Kemudian jika anda ingin bumbu meresap ke dalam ikan. Ikannya belah-belah tipis. Selanjutnya tambahkan lengkuas yang sudah digeprek. Tambahkan juga tomat yang diiris. Kemudian bungkus ikannya dengan daun pisang dengan rapih. Kukus pepes ikan masnya. 

3. Karedok
Masakan khas sunda yang satu ini mirip di beberapa daerah lainnya. Karedok mirip dengan pecel atau juga ketoprak. Perbedaannya, karedok dari sayuran yang belum direbus tidak seperti pecel. Bahan yang anda siapkan adalah kacang panjang beberapa helai, mentimun, kol dan toge. Kemudian bahan untuk diulek adalah cabe rawit, bawang putih, kencur dan kulit jeruk. Anda juga siapkan kacang tanah goreng dan gula merah. Asam jawa yang dilarutkan air siapkan juga.

Hal yang anda lakukan pertama kali dalam membuat karedok adalah mengulek bawang putih setengah, cabe rawit sesuai selera, kencur seujung jari dan kulit jeruk dikit saja. Setelah diulek hingga hancur, masukkan kacang tanah goreng dan ulek lagi. Kemudian gula merah setengah diulek juga. Tambahkan larutan air asam jawa secekupnya dan diulek. Aduk-aduk bumbunya dan masukkan semua sayurannya. Sayurannya dipotong-potong. Kacang pancang dipotong kecil-kecil, dan kol juga. Untuk togenya jangan dipotong. Mentimun dicah-cah juga. Aduk bumbu dengan sayurannya. Setelah itu agar lebih nikmat tambahkan bawang goreng. Anda bisa memakan karedok dengan kerupuk atau juga gorengan lainnya. 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved