Resep Roti Maryam Lembut, Nikmat, Gurih, dan Mudah Dibuat - ridhatillah.com ;

Sunday, 10 October 2021

Resep Roti Maryam Lembut, Nikmat, Gurih, dan Mudah Dibuat

Resep Roti Maryam Lembut, Nikmat, Gurih, dan Mudah Dibuat

 Roti merupakan makanan ringan yang sangat enak dan disukai oleh banyak orang, bahkan sebagian orang mengonsumsi roti sebagai menu makanan beratnya. Hal ini layaknya di Negara-negara barat dan beberapa daerah di timur tengah juga mengonsumsi roti sebagai makanan berat pengganti nasi untuk orang Indonesia.

Namun yang menariknya jenis rroti di timur tengah tidaklah sama dengan jenis roti yang biasa Anda jumpai I di Indonesia ataupun di barat, bukan roti yang mengembang dan layaknya seperti sebuah kue. Namun roti yang padat sehingga bila dikonsumsi sedikit maka akan langsung kenyang, jenis roti khas timur tengah ini adalah roti Maryam atau juga biasa disebut dengan sebutan roti canai.


Roti yang berbentuk bulat pipih yang biasa Anda temui di restoran timur tengah, walaupun bentuk dan cara pembuatannya yang berbeda dengan jenis roti pada umumnya tetapi Anda jangan salah sebab jenis roti yang satu ini memiliki rasa yang lezat, nikmat, gurih, dan juga lembut meskipun dari luarnya telihat keras tetapi sangat gurih dan lembut di bagian dalam roti ini.

Roti Maryam tidak memiliki isian tetapi bisa disajikan menggunakan kari ataupun disajikan menggunakan toping manis seperti kental manis, meses, maupun keju. Bila Anda ingin mencoba jenis roti yang satu ini maka Anda tidak perlu repot-repot ke restaurant timur tengah sebab Anda bisa membuatnya sendiri dari rumah saja, sebab bahan-bahannya sangat mudah ditemui dan proses pembuatannya sangat simpel, berikut ini resep roti Maryam yang mudah dengan cita rasa dan teksturs yang benar-benar membuat ketagihan.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu pro tinggi
  • 100 ml susu cair putih
  • 1 butih telur ayam
  • 5 sdm margarin
  • 5 sdm minyak goreng
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan terlebih dahulu susu cair, margarin yang telah dilelehkan, minyak goreng, garam, serta tambhakan air dan aduklah menggunakan garpu maupun alat pengaduk seperti ballon whisk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu dan ulengi hingga rata, Anda bisa menggunakan tangan ataupun menggunakan mixer khusus untuk menguleni, lakukan tahap ini hingga adonan khalis yang ditandai tidak adanya adonan yang melengket di tangan.
  3. Tutuplah adonan menggunakan serbet yang bersih kemudian diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bulatkan kemudian diamkan kembali selama 15 menit.
  4. Setelah didiamkan maka pipihkan tiap bagian adonan hingga sangat tipis kemudian olesi margarin secara tidak beratur setelah itu gulung memanjang adonan tipis tersebut dan buatlah bentuk melingkat dari adonan panjang tersebut.
  5. Panaskan teplon dan naikkan adonan roti Maryam sambil agak dipipihkan dengan cara ditekan-tekan.

Demikian resep roti Maryam yang bisa Anda buat sendiri di rumah yang tentunya dengan srasa gurih namun lembut pada bagian tengahnya.


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ridhatillah.com | All Right Reserved